Jakarta (ANTARA News) - Direktorat Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian menerbitkan 16 rekomendasi kawasan industri baru.

"Luas totalnya 8.510 hektare," kata Direktur Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri Imam Haryono di Jakarta, Selasa.

Dia mengemukakan rekomendasi kawasan industri itu tersebar di provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Jambi dan Gorontalo.

Dari 16 kawasan industri, tujuh di antaranya berada pulau Jawa yakni Karawang, Bekasi, Majalengka, Tangerang dan Sidoarjo. Sementara di Kalimantan, rekomendasi kawasan industri berada di Ketapang dan Penajam Paser Utara.

Di Sumatera, letaknya di Deli Serdang, Simalungun dan Muaro Jambi. Di Gorontalo, rekomendasi kawasan industri yang telah diterbitkan Ditjen PPI ada di Gorontalo Utara.

Dalam kurun 2014 hingga 2016, terjadi peningkatan kawasan industri dari sisi jumlah maupun luas. Dari 74 kawasan industri pada 2014 bertambah jadi 87 kawasan pada 2016.

Sementara itu, dari sisi luas peningkatannya mencapai 64,67 persen. Di luar Jawa, kawasannya meluas dari 28,01 persen menjadi 42,42 persen pada 2016.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017