Arena BMX Asian Games 2018 nanti tentunya akan sesuai standar internasional untuk BMX supercross
Labuan Bajo, NTT (ANTARA News) - PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) akan menunggu kesiapan pembangunan velodrome Rawamangun Jakarta untuk menetapkan turnamen uji coba Asian Games 2018.

Ketua PB ISSI Raja Sapta Oktohari di Labuan Bajo, NTT, Rabu mengatakan bahwa sementara ini turnamen uji coba Asian Games untuk cabang balap sepeda belum dijadwalkan secara resmi.

"Namun, jika venue sudah siap, kami kemungkinan akan menggelar test event tersendiri pada sekitar bulan Februari tahun depan," ujar Oktohari yang berada di Labuan Bajo untuk menghadiri lomba balap sepeda Tour de Flores yang menyelesaikan etape terahir di ibu kota Kabupaten Manggarai Barat itu.

Oktohari juga menyatakan optimistis Velodrome Rawamangun akan siap sesuai jadwal yang ditetapkan. PB ISSI juga terus ikut memantau untuk memastikan velodrome tersebut sesuai dengan standar internasional.

Sementara itu untuk cabang balap sepeda nomor BMX, katanya, sudah ditetapkan lokasinya adalah di daerah Pulomas Jakarta, tidak jauh dari arena pacuan kuda yang juga sedang dibangun untuk Asian Games 2018.

"Arena BMX Asian Games 2018 nanti tentunya akan sesuai standar internasional untuk BMX supercross," ucapnya.

Selain nomor trek dan BMX, cabang balap sepeda Asian Games 2018 nanti juga akan mempertandingkan nomor jalan raya (road race).

Sebelumnya, panitia Asian Games 2018 (Inasgoc) merencanakan melakukan test event pada 10 cabang olahraga, yakni atletik, panahan, bola basket, bulu tangkis, tinju, sepak bola, pencak silat, taekwondo, bola voli, dan angkat besi.

Balap sepeda dan sejumlah cabang lainnya tidak masuk dalam cabang yang perlu dilakukan uji coba oleh Inasgoc, namun terbuka kemungkinan penyelenggaraan digelar oleh masing-masing pengurus cabang olahraga.

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017