Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga akan membuka lowongan pejabat-pejabat Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan yang menjadi Badan Layanan Umum Panitia Pelaksana Asian Games (INASGOC) 2018 pada September 2017.

"Struktur sementara BLU penyelenggara Asian Games itu hanya akan bekerja pada September. Kami akan melakukan pembukaan lowongan secara terbuka pada September sehingga pejabat tetap BLU LPDUK akan sudah ada pada Oktober," kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto kepada media di Jakarta, Rabu.

Gatot mengatakan BLU Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan itu telah ditetapkan Menteri Keuangan dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara pada Mei dengan jabatan struktur sementara diisi pejabat-pejabat bagian dan biro Kemenpora.

"Kami juga telah menerima saran untuk memasukkan unsur Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) di dalam BLU itu," kata Gatot.

Lowongan jabatan BLU INASGOC 2018, lanjut Gatot, antara lain direktur utama, direktur keuangan, direktur layanan. "Tapi jika pegawai negeri yang mengajukan diri, dia harus melepaskan status kepegawaiannya," katanya.

Gatot mengatakan rekening pengelolaan dana BLU INASGOC 2018 sudah dibuka pada Senin (17/7) sehingga dapat melakukan kerja sama dengan pihak-pihak ketiga di dalam negeri.

Kementerian Pemuda dan Olahraga menugaskan tiga pejabat Kemenpora sebagai pejabat sementara Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan pada 24 Mei. Tiga pejabat itu adalah Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenpora Samsudin sebagai Plt Direktur LPDUK.

Kemudian, Kepala Bagian Program dan Anggaran Kemenpora Yeffrey V Palar sebagai Plt Divisi Keuangan dan Umum LPDUK, dan Kepala Bagian Organisasi, Tata Laksana, dan Kerja sama Antar Lembaga Kemenpora Sandi Suwardi Hasan sebagai Plt Divisi Pendanaan dan Pengembangan Usaha Olahraga.

Sebelumnya, INASGOC masih akan memperbaiki sistem Badan Layanan Umum (BLU) agar dapat menggandeng kerja sama dengan pihak swasta sebagai sponsor menyusul status INASGOC yang juga satuan kerja dalam Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Perangkat BLU akan ditentukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga sebelum kami mengajak swasta untuk turut menandatangani kesepakatan sebagai sponsor," ujar Erick Thohir selepas mengikuti rapat koordinasi bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga sebagai Ketua Dewan Pengarah Asian Games 2018 di Sekretariat INASGOC, Jakarta, Selasa (18/7).

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017