London (ANTARA News)- Seniman musik jazz Indonesia Dwiki Dharmawan berkolaborasi dengan musisi Koasia tampil di Indonesian Croatian Jazz Night bertempat di Booze n Blues Bar Zagreb, Kroasia menarik perhatian masyarakat Kroasia, khususnya para pecinta musik Jazz dan stasiun Radio Croatian.

Indonesian Croatian Jazz Night menampilkan musisi Jazz ternama Indonesia Dwiki Dharmawan yang bermain pada piano, Borko Rupsina Drum, Zvonimir Sestak Bass, Ivica Premelc Tenor Saxophone, Kamal Musallam gitar elektrik dan Oud, penonton dengan antusias melihat penampilan Dwiki Dharmawan dan para musisi Koasia tersebut rela berdesak-desakan di bar berkapasitas 300 orang tersebut.

Sekretaris Kedua fungsi Pensosbud KBRI Zagreb, Marisa W. Christyanti kepada Antara London, Kamis mengatakan acara Indonesian Croatian Jazz Night baru pertama kali diadakan KBRI Zagreb ini berlangsung dengan sukses dan menuai perhatian masyarakat Kroasia, khususnya para pecinta musik Jazz.

Kegiatan Indonesian Croatian Jazz Night ini dibuka Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI Zagreb, Widjoseno Sastroamidjojo, yang menyebutkan Dwiki Dharmawan merupakan salah satu musisi Jazz dan pianis terbaik Indonesia yang dikenal secara internasional, sehingga KBRI Zagreb merasa terhormat bisa mengorganisir pertunjukannya di Zagreb.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas dukungan pihak Booze n Blues dan musisi Jazz Kroasia yang turut berkolaborasi sehingga acara ini dapat sukses dilaksanakan.

Sementaga itu Dwiki Dharmawan menyatakan rasa terima kasih atas dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga tur Eropa kali ini dapat berlangsung dengan sukses.

Acara Jazz Night dibuka dengan lagu Jazz for Freeport ciptaan Dwiki Dharmawan yang sukses menghipnotis penonton. Sebanyak 12 lagu dimainkan dalam konser ini, antara lain Rintak Rebana, Samarkand, bahkan lagu daerah Bubuy Bulan. Selain itu lagu Out of my City karya Kamal Musallam, musisi asal Yordania yang menjadi rekan tur Eropa Dwiki Dharmawan, menarik perhatian penonton. Kehadiran Kamal Musallam yang memainkan Oud gitar dari Timur Tengah memberikan nuansa baru pada komposisi musik Jazz.

Suksesnya acara ini membuktikan musik adalah bahasa universal. Diharapkan melalui keberhasilan ini akan membuka kemungkinan diadakannya kegiatan serupa setiap tahunnya sebagai bagian dari upaya soft diplomacy KBRI Zagreb untuk meningkatkan hubungan antara Indonesia dan Kroasia, terutama melalui people-to-people contact, demikian Widjoseno Sastroamidjojo.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017