Pasuruan (ANTARA News) - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla melaksanakan kunjungan kerja sehari ke Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, Kamis.

Wapres lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma menuju Bandara Juanda Surabaya, menggunakan Pesawat Kepresidenan Bae-RJ 85, pukul 06.30 WIB. Setibanya di Surabaya, Wapres beserta rombongan disambut oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan rombongan.

Perjalanan dari Surabaya menuju Kabupaten Pasuruan dilanjutkan dengan menggunakan Helikopter TNI AU.

Wapres didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Pada kunjungan kerja ini, Wapres akan meresmikan pembangunan konstruksi Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Umbulan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, sekaligus meninjau pengecoran proyek infrastruktur di daerah itu

Sementara itu, proyek pengelolaan air minum yang digagas sejak zaman Orde Baru tersebut kini merupakan Proyek Strategis Nasional yang dilakukan percepatan dengan pola Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) sesuai dengan amanat Perpres 3 tahun 2016. Proyek tersebut merupakan yang pertama kali menggunakan skema dana dukungan kelayakan (Viability Gap Fund/VGF).

Proyek itu bertujuan untuk mengalirkan air curah dengan kapasitas produksi sebesar 4.000 liter air per detik dengan jaringan sistem transmisi sepanjang 93,7 kilometer dari mata air Umbulan ke lima PDAM di Provinsi Jawa Timur, yaitu PDAM Surabaya, PDAM Kabupaten Pasuruan, PDAM Kota Pasuruan, PDAM Kota Sidoarjo dan PDAM Kota Gresik yang akan dinikmati sekitar 1,3 juta jiwa.


(Baca: Wapres nyatakan Perppu beri kewenangan pembubaran ormas)

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017