Bandung (ANTARA News) ) - Sebanyak 2.226 personel gabungan dari TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan pertandingan antara dua musuh bebuyutan, Persib Bandung melawan Persija Jakarta, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (22/7).

"Total kekuatan personel 2.226, terdiri dari Polrestabes Bandung, Polda Jabar, TNI, dan instansi terkait," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo usai melaksanakan rapat koordinasi pengamanan di Mapolda Jabar, Kamis.

Menurutnya, ribuan personel tersebut terdiri dari 130 personel TNI, 826 Polda Jabar, 956 Polrestabes Bandung, dan 365 instansi terkait. Seluruhnya akan di tempatkan di titik-titik vital seperti dalam area stadion hingga jalur yang akan dilalui penonton.

"Di dalam stadion, pintu masuk, sampai jalur kami amankan," kata dia.

Ia juga mengimbau pendukung Persija, The Jakmania untuk tidak datang ke Bandung guna menghindari gesekan di antara pendukung dua kesebelasan.

"Sesuai instruksi Kapolda Jabar bahwa memang (Jak Mania) untuk tidak datang ke Bandung karena khawatir ada pergesekan," kata dia.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan pola pengamanan akan menerapkan empat ring.

Untuk ring pertama meliputi area dalam pertandingan, ring dua tribun penonton, ring tiga di seputaran stadion GBLA dan ring empat yakni luar stadion jalur-jalur para suporter ke stadion.

"Pola pengamanan empat ring dilakukan untuk memberikan rasa aman baik sebelum dan sesudah pertandingan," kata dia. 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017