Singapura (ANTARA News) - Pemerintah Singapura menekankan pentingnya mempererat persaudaraan antar-masyarakat ASEAN, khususnya para atlet, dalam penutupan ASEAN Schools Games 2017 di Universal Studios, Singapura, Kamis malam.

"Kalau kalian menemukan sahabat baru dari negara-negara ASEAN lainnya di masa-masa ASG 2017 ini, tetaplah menjalin kontak dan hubungan baik," ujar Menteri Senior Negara untuk Pendidikan, Komunikasi dan Informasi Singapura, Janil Puthucheary.

Janil melanjutkan, persaudaraan dan persahabatan sejatinya adalah jiwa dari pelaksanaan ASG, yang pada tahun 2017 merupakan pelaksanaan kesembilan.

Oleh karena itu, dirinya berharap di setiap ASG hubungan baik di ASEAN semakin kuat.

"Jadi, mari bersama kita sambut ASG ke-10, tahun 2018, di Kuala Lumpur, Malaysia," kata Janil.

Adapun ASG 2017 di Singapura diikuti oleh sekitar 1.650 atlet, pelatih serta ofisial dari 10 negara ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Laos, Malaysia, Kamboja, Brunei Darussalam dan Myanmar.

ASG 2017 dibuka secara resmi pada Jumat (14/7) oleh Menteri Pendidikan Dasar Singapura Ng Chee Meng. Setelah itu, pertandingan demi pertandingan mulai dilaksanakan hingga seluruhnya selesai pada Rabu (19/7).

Indonesia berhasil menduduki posisi kedua klasemen akhir perolehan medali ASG 2017 dengan mendapatkan 25 emas, 33 perak, dan 29 perunggu, di bawah Thailand yang meraup 29 emas, 26 perak, dan 32 perunggu.

Tuan rumah Singapura bertengger di posisi ketiga dengan 24 emas, 27 perak, dan 27 perunggu.

Berikutnya, ASG ke-10 tahun 2018 akan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia. Acara penutupan ASG 2017 ditandai pula dengan penyerahan bendera ASG oleh Singapura yang diwakili Janil Puthucheary kepada pihak Malaysia yang diwakili Ketua juru latih Kesatuan Olahraga Malaysia (KOM) Zainal Abas.

"Kami harap bisa bertemu dengan kalian semua di Kuala Lumpur," tutur Zainal di hadapan para atlet, ofisial dan anggota kontingen yang menghadiri acara penutupan ASG 2017.


Hiburan

Adapun penutupan ASG 2017 yang diadakan di Universal Studios, Kamis malam, ditujukan untuk menghibur para atlet dan kontingen lainnya yang telah berkompetisi sejak Sabtu (15/7).

Dimulai dengan atraksi pertunjukan WaterWorld pada pukul 19.00 waktu Singapura, acara lalu dilanjutkan dengan membebaskan seluruh kontingen ASG menikmati berbagai permainan di Universal Studios secara gratis.

Selanjutnya, mereka dijamu dengan makanan yang juga disediakan gratis di beberapa restoran di dalam wahana permainan tersebut.

"Saatnya atlet menikmati pertunjukan dan hiburan setelah bertanding," kata Menteri Senior Negara untuk Pendidikan, Komunikasi dan Informasi Singapura Janil Puthucheary. 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017