Los Angeles (ANTARA News) - Kebakaran hutan di California tengah, yang memaksa lebih dari 5.000 orang mengungsi, menyebar secara cepat pada Kamis, menghancurkan puluhan bangunan tidak jauh dari taman nasional Yosemite, kata petugas pemadam kebakaran.

"Kami melakukan semua yang kami mampu untuk melindungi kota itu dan lingkungan lain di daerah tersebut," kata Amy Head, juru bicara Cal Fire, melalui telepon.

Mariposa berjarak 80 kilometer dari taman nasional Yosemite dan sangat bergantung pada pariwisata.

Gubernur Jerry Brown mengumumkan keadaan darurat di Mariposa County pada Selasa.

Lebih dari 3.000 petugas pemadam kebakaran, tengah bekerja dalam suhu 90 sampai 96 Fahrenheit (32 sampai 36 Celcius), berjuang melawan api yang telah menghanguskan 28.570 hektar wilayah, kata Cal Fire.

Api menyebar, menghanguskan lebih dari 8.903 hektar wilayah sejak Kamis pagi. Cal Fire mengatakan bahwa api telah membakar 45 bangunan dan merusak enam lagi sejak peristiwa itu bermula pada Senin. Penyebab menculnya api saat ini masih dalam penyelidikan.

Api datang dalam jarak setengah mil dari Mariposa pada Rabu, kata juru bicara Cal Fire, Shanelle Saunders. 2.000 warga kota itu telah diperintahkan untuk mengungsi pada Selasa.

Taman Nasional Yosemite tetap dibuka. Saunders mengatakan, kekhawatiran terbesar dengan keadaan taman tersebut pada Kamis adalah kualitas udara yang buruk akibat asap tebal.

Masyarakat Coulterville diungsikan pada Rabu, kata Saunders.

Sementara itu, di Montana, pejabat setempat mengatakan bahwa seorang petugas pemadam kebakaran berusia 19 tahun tewas pada Rabu, ketika sebagian pohon tumbang dan menimpanya. Saat itu dia sedang berusaha mengalahkan api Florence di utara Danau Seeley.

Pada Kamis, terdapat 44 titik api besar di 11 negara bagian wilayah barat, menurut laman Pusat Antarbadan Pemadam Kebakaran Nasional.

Saat petugas pemadam kebakaran berusaha menangani kebakaran tersebut, National Science Foundation mengumumkan temuan penelitian mereka, yang menyatakan bahwa kebakaran hutan dapat mempengaruhi lingkungan sekitar dan menciptakan cuaca tersendiri, seperti, muncul angin dan hujan es, yang menyebabkan api dapat menyebar di luar kendali.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017