Jakarta (ANTARA News) - Band asal Amerika Serikat Linkin Park baru saja kehilangan vokalisnya Chester Bennington yang ditemukan dalam kondisi tak bernyawa di kediamannya  di Palos Verdes Estates di Los Angeles pada Kamis (20/7) pagi waktu setempat.

Linkin Park awalnya adalah band SMA yang digawangi oleh Mike Shinoda, Rob Bourdon dan Brad Delson. Setelah lulus SMA mereka bertiga menekuni secara serius dan merkrut Joe Hahn, Dave "Phoenix" Farrell, dan Mark Wakefield untuk tampil dalam band yang dulu bernama Xero itu.

Chester Bennington mulai bergabung pada 1999, yang membawa perubahan nama dari Xero menjadi Hybrid Theory. Band tersebut kembali mengubah nama menjadi Linkin Park setelah manggung di Lincoln Park. Band tersebut sebenarnya ingin menggunakan nama "Lincoln Park" namun domain internet harus membuatnya bernama linkinpark.com.

Selepas kepergian Chester belum diketahui apakah Linkin Park akan mencari pengganti Chester. Dalam akun Twitternya, Mike Shinoda mengaku kaget dan hatinya hancur mengetahui kabar mengejutkan ini. "Pernyataan resmi akan ada nanti," tulis dia.

Berikut 10 lagu Linkin Park berdasarkan jumlah tontonan di YouTube.

1. Numb

"Numb" dirilis pada 2003 yang merupakan single ketiga dari album studio kedua "Meteora" yang diluncurkan pada tahun yang sama. Lagu tersebut berada di puncak chart Billboard Hot Modern Rock Tracks selama 12 minggu.

Video lagu tersebut berlokasi di St. Vitus Cathedral di Ceko. Dari pantauan ANTARA News, Jumat, video "Numb" tercatat telah memiliki 561.181.970 views.

Lagu tersebut kemudian diracik ulang dengan judul "Numb/ Encore" berkolaborasi bersama Jay Z.

2. In The End

"In The End" berada di urutan ke-8 album pertama Linkin Park "Hybrid Theory" (2000) yang terjual 11 juta unit di Amerika Serikat. Album tersebut sekaligus membuat Linkin Park menjadi band rock yang diperhitungkan.

Meski telah ada band rock sebelum Linkin Park yang memadukan unsur DJ, sebut saja Limp Bizkit, namun Linkin Park menyuguhkan musik rock berpadu eletronik, plus rap (dari Mike Shinoda), yang "kekinian" pada masa itu.

Video "In The End", saat ini, telah ditonton sebanyak 337.424.863 kali di YouTube.

3. What I've Done

"What I've Done" menjadi single pertama Linkin Park dari album studio ketiga "Minutes to Midnight" (2007). Lagu tersebut dimulai dengan perpaduan piano dan gitar, yang kemudian ditambah dengan drum.

Dalam video "What I've Done", Linkin Park mengangkat isu sosial seperti polusi, global warming, rasis, aborsi, kelaparan, terorisme. Video berdurasi 3 menit 24 detik itu saat ini telah memiliki 269.929.610 views.

"What I've Done" juga menjadi soundtrack dari film "Transformers".

4. Castle of Glass

"Castle of Glass" masuk dalam album studio kelima Linkin Park, "Living Things", yang diproduseri oleh Mike Shinoda. Lagu tersebut juga menjadi soundtrack dari film "The Messenger".

Dari pantauan ANTARA News, video "Castle of Glass" telah ditonton 229.966.084 kali. Lagu tersebut ada di dalam surat anak Chester, yang meminta ayahnya untuk mencintai hidupnya.

(Baca juga: Surat putra Chester Linkin Park untuk sang ayah)

5. Crawling

Crawling dirilis pada 2001 dari album debut "Hybrid Theory" yang memenangkan Grammy untuk kategori "Best Hard Rock Performance" pada 2012.

Video Crawling menggambarkan perjuangan dalam diri seorang perempuan menghadapi hubungan yang tidak sehat. Video "Crawling" juga dinominasikan "Best Rock Video" dalam MTV Video Music Awards. Saat ini, video tersebut telah ditonton 167.915.468 kali.

6. Faint

"Faint" dirilis pada 2003 sebagai single kedua dari album kedua Linkin Park "Meteora". Video lagu tersebut terbilang sederhana -- menampilkan band di atas panggung, berada di lautan penonton. Video "Faint" terpantau memiliki 146.458.298 views.

7. Breaking The Habit

"Breaking The Habit" dirilis pada 2004 yang masuk dalam album kedua "Meteora". Berbeda dari lagu-lagu Linkin Park lainnya, "Breaking The Habit" tidak menghadirkan rap Mike Shinoda.

Lagu yang bercerita tentang perjuangan Chester menghadapi penyalahgunaan obat-obatan terlarang itu didominasi irama elektronika. Video "Breaking The Habit" saat ini telah ditonton 129.336.118 kali.

8. The Catalyst

"The Catalyst" lahir dari album studio keempat Linkin Park "A Thousand Suns". Lagu tersebut dibuka oleh suara Mike Shinoda. Dalam video, MIke mengenakan hoodie, sementara Chester bernyanyi sambil menyelam. Video teresebut saat ini tercatat memiliki 126.755.005 views.

9. Somewhere I Belong

"Somewhere I Belong" dirilis 2003 dari album "Meteora". Lagu tersebut merajai tangga lagu di berbagai negara. Video musik "Somewhere I Belong" berhasil menyabet Best Rock Video dalam MTV Video Music Awards pada 2003. Video tersebut kini ditonton 92.149.753 kali.

10. Heavy

"Heavy" merupakan lagu comeback Linkin Park yang dirilis pada 16 Februari 2017. Secara lirik, lagu tersebut menggambarkan frustasi akan beban hidup.

Video lagu yang berkolaborasi dengan penyanyi AS Kiiara tersebut hanya menampilkan Chester yang benci terhadap dirinya sendiri. Dia meninggalkan rumah menghadiri diskusi grup di mana dia mendapat konfrontasi di sana.

"Heavy" juga menjadi kontroversi. Tak sedikit penggemar Linkin Park yang kecewa dengan comeback band tersebut dengan album studio ketujuh yang dinilai berbeda jauh dari karakter Linkin Park.



Dalam akun Twitter-nya, Chester mengaku memikirkan pendapat para penggemar terlalu dalam. Meski demikian, dia tetap menghargai pendapat para penggemar yang kecewa dengan Linkin Park.

"You have every right to feel that way," tulis @ChesterBe.


Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017