Jakarta (ANTARA News) - PT Telkom Indonesia Tbk (Persero) dan PT Krakatau Steel (Persero) bersinergi melepas sebanyak 20 siswa dari Propinsi Banten ke Propinsi Lampung untuk mengikuti program pertukaran pelajar dalam program "Siswa Mengenal Nusantara" (SMN).

Direktur Human Capital Management Telkom Herdy Harman, di Jakarta, Jumat mengatakan program ini merupakan peluang bagi para siswa mempraktekkan "Digital Mindset", yakni pola pikir untuk dapat mengakses dan memanfaatkan informasi dari seluruh dunia sehingga memberikan nilai, baik bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitarnya.

"Para pelajar sebagai duta sekolah dan daerah diharapkan dapat berbagi pengetahuan serta informasi tentang seni budaya, sosial masyarakat, dan ekonomi, sehingga dapat memperkuat rasa persaudaraan, persatuan, serta kesatuan bangsa," ujar Herdy.

Menurutnya, Telkom masuk ke sekolah-sekolah memberikan akses internet dan perpustakaan digital untuk menambah dan membuka wawasan siswa agar lebih kompetitif, khususnya dalam menghadapi persaingan global.

Pada kegiatan SMN 2017, Telkom dan PT Krakatau Steel bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Banten melakukan seleksi untuk memilih 20 siswa dari seluruh sekolah menengah yang mewakili seluruh kota/kabupaten di Provinsi Banten.

Pembekalan meliputi wawasan kebangsaan, dan wawasan tentang BUMN serta pengembangan motivasi. Ke-20 siswa asal Banten tersebut akan berada di Lampung selama delapan hari.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Banten Ranta Soeharta mengapresiasi Telkom dan Krakatau Steel atas dukungannya kepada masyarakat, khususnya pelajar di Provinsi Banten.

"Peserta SMN merupakan siswa terbaik di Provinsi Banten. Kami percaya para siswa terpilih dapat menjadi duta yang dapat mempelajari budaya lain dan juga menjadi duta bagi budayanya sendiri. Serap budaya Lampung dan jangan lupa transfer budaya Banten terhadap masyarakat Lampung," ujar Ranta.

Sebaliknya sebanyak 20 SMN dari Propinsi Lampung juga didatangkan ke Propinsi Banten, untuk mengenal budaya dan potensi ekonomi masyarakat Provinsi Banten dalam program yang sama.

Dalam rangkaian kegiatan di Banten, para peserta berkesempatan mengunjungi beberapa pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan Telkom, Kampung Badui dan PT Krakatau Steel.

Para siswa juga didampingi guru dalam serangkaian kunjungan dan aktivitas, yang meliputi dimensi pendidikan/dunia akademis, dimensi sosial budaya, kesenian, peninggalan budaya dan keragaman alam serta dimensi entrepreneur, termasuk mempelajari potensi ekonomi wilayah setempat.

Program SMN merupakan salah satu program corporate social responsibility (CSR) "BUMN Hadir untuk Negeri" yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN. Tujuannya menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan nusantara, melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017