Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Majalengka bekerjasama dengan Taruna Merah Putih (TMP) akan menyelenggarakan parade kebhinekaan di alun-alun Kota Majalengka, Jawa Barat, Minggu (23/7) dimulai pukul 07.00 WIB.

Menurut Ketua Panitia Parade Kebhinekaan di Majalengka, Tati Purnawati, parade ini akan dilaksanakan sepanjang 2 km dari Jalan Ahmad Yani dan Jalan Abdul Halim. Acara ini akan melibatkan ribuan orang yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat, termasuk mengundang tokoh lintas-agama, kalangan akademisi, mahasiswa serta pelajar SMA, SMK, dan SMP.

"Kita juga undang semua ormas Islam termasuk NU, Muhammadiyah, dan Persatuan Islam (Persis). Kita juga undang OKP dan organisasi kemahasiswaan yang ada di Majalengka. Ada GP Ansor, Banser, FKPPI, Pemuda Pancasila, HMI, IMM, PMII, GMNI, GMKI dan lain-lain. Kita undang semua pokoknya demi persatuan," kata Tati dalam keterangan persnya, Sabtu.

Dalam parade ini, jelas Tanti, akan juga digelar ragam kuliner ala Majalengka. Juga akan digelar parade baju adat, serta parade baju tokoh agama. Di lapangan akan dilepas sekitar 1.500 balon berwarna merah-putih sebagai lambang persatuan. Parade ini juga akan dihadiri Bupati Majalengka Sutrisno serta sejumlah anggota DPRD Majalengka.

Ketua Umum TMP Maruarar Sirait menambahkan kegiatan itu untuk mengingatkan kembali ideologi Pancasila di masyarakat, semangat persatuan, semangat kebersamaan, berprikemanusiaan, berkeadilan, dan menjadi manusia yang beradab, berjiwa  sosial serta berjiwa penolong.

"Sila-sila Pancasila itu harus diterapkan pada diri setiap orang. Kita kembali membumikan nilai-nilai Pancasila di Indonesia," kata Maruarar Sirait.

Selama ini, TMP sendiri sudah banyak melakukan kegiatan parade budaya dan kebhinekaan di berbagai kota. Diantaranya di Jakarta, Kota Bandung, Semarang, Cimahi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Subang, Karawang dan lain-lain.

"Kita ingin menunjukkan bahwa Pancasila itu didukung oleh mayoritas rakyat Indonesia. Dan kita sangat mendukung pemerintahan Jokowi untuk menindak-tegas ormas yang bertentangan atau menentang Pancasila," ungkap Maruarar.

Maruarar juga yakin, rakyat Indonesia akan selalu mendukung langkah-langkah pemerintahan Jokowi yang memang demi melindungi dan menjaga Indonesia. Lebih-lebih rakyat juga sangat percaya dengan pemerintahan ini yang terus bekerja keras membangun Indonesia, seperti melalui pembangunan infrastruktur.

"Dari berbagai survei terakhir dari banyak lembaga survei juga menunjukkan bahwa mayoritas rakyat sangat puas dengan pemerintahan Jokowi," demikian Maruarar Sirait.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017