Pati (ANTARA News - Kecelakaan yang melibatkan mobil avanza dan truk barang di Jalan Pati-Kudus kilometer dua, turut Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Sabtu, mengakibatkan satu korban meninggal.

Menurut Kasat Lantas Polres Pati AKP Ikrar Potawari di Pati, Sabtu, kecelakaan yang terjadi pada Sabtu (22/7) siang itu, berawal ketika mobil avanza bernopol L 1709 RO yang dikemudikan Jufri Aldaeri melaju dari arah Kudus menuju Pati.

Ketika sampai di tempat kejadian, katanya, mobil avanza tersebut tiba-tiba oleng ke kanan, sedangkan dari arah berlawanan melaju truk bermuatan buah bernopol BG 8835 UH yang dikemudian Misnadi asal Banyuwangi.

Akibatnya, lanjut dia, kecelakaan tak terhindarkan hingga mengakibatkan sopir avanza meninggal dunia.

Sementara empat penumpang ada yang mengalami luka ringan dan berat.

Korban luka, katanya, dirawat di Rumah Sakit Keluarga Sehat (KSH) Pati.

Keempat penumpang tersebut, yakni Siti Fatimah, Rifat M. Zulfikar, M. Rizky Anugerah, serta M. Farhan Anugrah yang mengalami luka berat.

Hasil penyelidikan sementara, dia menduga, sopir avanza yang merupakan anggota TNI Angkatan Laut (AL) itu diduga mengantuk saat berkendara.

Pasalnya, lanjut dia, sebelum terjadi kecelakaan, laju mobil avanza bernopol L 1709 RO itu sempat oleng.

Ia mengatakan, kasus kecelakaan tersebut akan diserahkan ke Polisi Militer TNI AL, karena sopirnya merupakan anggota TNI AL.

Sementara itu, sopir truk bernopol BG 8835 UH Misnadi mengungkapkan, kecelakaan yang terjadi di Desa Wangunrejo, Kecamatan Margorejo, Pati, pada pukul 13.00 WIB itu, berawal ketika mobil avanza yang melaju dari arah Kudus tiba-tiba oleng ke kanan.

"Mengetahui ada mobil oleng ke kanan, saya berupaya menepikan truknya ke tepi jalan, namun tabrakan tetap tidak terhindarkan," ujarnya.

Akibat kecelakaan tersebut, lanjut dia, truknya terbalik, sedangkan buah jeruk yang diangkut juga berceceran.

Sementara mobil avanza mengalami rusak parah pada bagian depan hingga separuh mobil, sedangkan sopir sempat terjepit badan truk yang ringsek sebelum akhirnya bisa dievakuasi keluar mobil.

Kecelakaan tersebut, sempat mengakibatkan tabrakan kendaraan lain, terutama mobil pajero bernopol K 7011 HA yang ditabrak sepeda motor dari arah belakang karena berhenti mendadak untuk menghindari tabrakan.

Setidaknya, terdapat empat motor yang berada di belakang mobil pajero yang tidak mampu menghindar dan turut menabrak Pajero.


Pewarta: Akhmad Nazaruddin Lathif
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017