Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Sandiaga Uno, menjenguk mantan Gubernur DKI Jakarta, Soerjadi Soedirdja yang sedang dirawat di Rumah Sakit Siloam, Karawaci, Tangerang, Banten.

"Saya menjenguk karena beliau adalah sosok yang penting ketika menjabat sebagai pemimpin DKI. Selama menjabat, ia terkenal dalam menjalankan administrasi dengan baik dengan stabilitas yang mendukung," kata Sandiaga di RS Siloam Karawaci, Tangerang, Sabtu.

Pasangan dari Anies Baswedan ini tidak sungkan memuji beliau, karena selama Soerjadi menjabat, anggaran daerah yang dipimpinnya meningkat drastis.

Meskipun Soerjadi dalam masa penyembuhan tapi beliau masih jernih dalam melihat tantangan pemimpin DKI selanjutnya yang akan lebih berat kedepannya, katanya.

"Semasa ia menjabat, tantangan yang dihadapi adalah reformasi dari segi keterbukaan, reformasi transparansi, dan interaksi dengan media tidak seperti yang terjadi seperti sekarang. Jadi lebih mudah mengambil kebijakan, jadi semua ini harus bisa diperhitungkan," kata Sandiaga.

Sandiaga juga diingatkan agar tak lupa bahwa hierarki pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah, dimana daerah harus patuh terhadap pemerintahan pusat.

Pada zaman Soerjadi, pertama kalinya Pemprov DKI mendapatkan penghargaan dari pemerintahan pusat, mengenai prestasi pembangunan, katanya.

"Ia juga mencontohkan beberapa kali pada zaman Soeharto, Soerjadi mengatakan pemprov dapat memberikan inovasi-inovasi yang bisa diterapkan di daerah lain," kata Sandiaga.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017