Lashkar Gah, Afghanistan (ANTARA News) - Enam-belas polisi Afghanistan tewas pada Jumat (21/7) dalam serangan pasukan koalisi pimpinan AS yang "secara tak sengaja mengenai posisi mereka di Provinsi Helmand di bagian selatan negeri itu, demikian konfirmasi pemerintah provinsi, Sabtu.

"Peristiwa tersebut terjadi selama satu operasi terhadap anggota Taliban di Wilayah Par Chawa, Kabupaten Gereshk, Jumat sore. Dan penyelidikan telah dilakukan mengenai peristiwa itu untuk memastikan fakta di balik peristiwa yang disesalkan tersebut," kata satu pernyaataan pemerintah.

Kabupaten itu, yang berada di sebelah utara Ibu Kota Provinsi Helmand, Lashkar Gah, telah menjadi ajang bentrokan sengit antara pasukan keamanan dan Taliban sejak Kamis dini hari, setelah petempur Taliban menyerang pos pemeriksa keamanan dengan menggunakan bom mobil dan senjata berat.

Pemboman tersebut terjadi tak lama setelah pasukan Afghanistan merebut beberapa daerah dari gerilyawan fanatik di kabupaten bergolak itu, kata beberapa pejabat lokal.

Militer AS juga mengkonfirmasi peristiwa itu di dalam satu pernyataan yang disiarkan di Lashkar Gah pada Jumat malam, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu malam. "Kami ingin menyampaikan belasungkawa kami yang paling dalam kepada keluarga yang terpengaruh oleh peristiwa yang tak disayangkan ini," katanya.

Helmand, yang memiliki reputasi buruk sebagai daerah penghasil opium, juga diketahui sebagai kubu Taliban.

Peristiwa semacam itu juga telah terjadi pada masa lalu. Dua polisi tewas dan empat lagi cedera dalam peristiwa serupa di pinggiran Lashkar Gah pada penghujung Juni.

Aksi perlawanan pimpinan Taliban telah marak sejak akhir April, ketika Taliban melancarkan serangan tahunannya dan meningkatkan serangan di seluruh negeri tersebut.

(Uu.C003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017