Jakarta (ANTARA News) - Clint Dempsey tampil gemilang saat membawa Tim Nasional Amerika Serikat melaju ke final Piala Emas Concacaf seusai menaklukkan Kosta Rika dengan skor 2-0 dalam laga semifinal di Stadion AT&T, Texas, Minggu waktu Indonesia.

Clint Dempsey, yang pernah merumput di Liga Inggris bersama Fulham, meninggalkan bangku cadangan pada pertengahan babak kedua. Ia menjadi arsitek dari gol Jozy Altidore dan mencetak golnya sendiri menjelang akhir babak kedua.

Di laga final, Amerika Serikat yang pernah menjadi juara Concacaf pada 2013 akan menghadapi pemenang laga antara Meksiko melawan Jamaika pada semifinal kedua yang digelar besok.

Dalam pertandingan semifinal melawan Kosta Rika, tim Amerika Serikat (AS) langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal babak pertama. Morris melancarkan serangan cepat dan mengakhirinya dengan sepakan yang mampu ditepis kiper Kosta Rika, Pemberton.

Amerika kembali melancarkan serangan yang membuat pertahanan Kosta Rika kerepotan. Arriola dan Morris yang memainkan umpan pendek mengoper bola ke Altidore. Altidore tidak melepaskan tembakan, melainkan mengoper lagi bola ke Acosta yang melepaskan sepakan keras, namun tidak akurat.

Kosta Rika bukan tanpa peluang. Ruiz berhasil menerobos masuk ke pertahanan Amerika Serikat, kemudian mengumpan bola kepada Urena. Sayang sepakan Urena mampu dihentikan Tim Howard pada menit 37. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Pada pertengahan babak kedua, Amerika Serikat mengubah taktik dengan memainkan Clint Dempsey untuk menggantikan Paul Arriola.

Pergantian pemain itu terbukti manjur untuk memecah kebuntuan Amerika Serikat. Clint Dempsey mengumpan bola kepada Jozy Altidore, yang berdiri di mulut gawang Pemberton, untuk menciptakan keunggulan 1-0 pada menit 72.

Clint Dempsey memastikan Amerika Serikat lolos ke final Piala Concacaf setelah mencetak gol dari eksekusi tendangan bebas pada menit 82. Skor 2-0 untuk kemenangan AS bertahan hingga laga selesai menurut siaran ESPN.

Berikut susunan pemain dalam pertandingan itu:

Amerika Serikat (4-4-2):
Howard; Zusi, O. Gonzalez, Besler, Villafana; Arriola, Bradley, Acosta, Nagbe; Morris, Altidore.

Cadangan: Miazga, Pontius, Zardes, Corona, Hamid, McCarty, Lichaj, Morrow, Agudelo, Hedges, Dempsey, J. Gonzalez.

Kosta Rika  (4-5-1): Pemberton; Salvatierra, Gonzalez, Watson, Calvo; Ruiz, Guzman, Acosta, Tejada, Ramirez; Urena.

Cadangan: Moreira, Umana, Gutierrez, Azofeifa, Segura, Vargas, Carvajal, Leiton, Ordian, Marin.


Pewarta: Alviansyah P
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017