Sisingamangaraja XII Menolak Perbudakan

Sabtu, 26 Mei 2007 21:22 WIB | 966 Views

Medan (ANTARA News) - Guru Besar Sosiologi dan Antropologi Budaya Universitas Negeri Medan, Prof Dr Bungaran Antonius Simanjuntak, mengatakan, perlawanan yang dilakukan Raja Sisingamangaraja XII terhadap penjajah Belanda tidak hanya mempertahankan tanah air, melainkan juga menolak perbudakan terhadap rakyat.

Sisingamangaraja kala itu, juga membebaskan rakyat yang ditawan, dihukum secara tidak manusiawi oleh Pemerintah Belanda, katanya pada seminar Memperingati 100 Tahun Gugurnya Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII, di Medan, Sabtu.

Menurut Bungaran yang juga Ketua Program Pasca Sarjana di Unimed itu, Sisingamangaraja sangat menghargai kehidupan dan kebebasan rakyat, dan tidak ingin rakyat disakiti para penjajah Belanda.

Tindakannya itu membuat rakyat sangat mencintai dan menghormati Sisingamangaraja, katanya.

Da berharap, perjuangan HAM yang telah dirintis Sisingamagaraja itu perlu diperdalam, fondasinya, essensinya dan eksistensinya untuk disumbangkan kepada negara dan dunia internasional.

Ketaladanan Sisingamangaraja itu juga tercermin dari sikapnya yang tetap memperhatikan rakyat meski dia melakukan pertempuran melawan Belanda.

Sisingamangaraja berupaya menyembuhkan orang-orang sakit dengan memberi nasehat bagaimana melawan penyakit atau dengan cara memberi ramuan.(*)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2007

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Parade 135 kebaya di Hari Kartini

Parade 135 kebaya di Hari Kartini Memperingati Hari Kartini pada 21 April ini, Dharmawangsa Square berkerjasama dengan komunitas dan kelompok wanita ...

Tom Hanks akan bintangi thriller Perang Dingin

Tom Hanks akan bintangi thriller Perang DinginTom Hanks akan kembali bekerjasama dengan sutradara Steven Spielberg dalam film thriller mengenai Perang Dingin.Aktor ...

Pementasan seni tari Jawa tampil mempesona di Wina

Pementasan seni tari Jawa tampil mempesona di WinaKelompok seni Keraton Yogyakarta Kawedanan Hageng Punokawan (KHP) Kridomardowo tampil mempesona dalam pementasan tari ...