Jakarta (ANTARA News) - Pecatur putra Indonesia Aditya Bagus Arfan membuat kejutan dengan mengalahkan unggulan pertama asal Filipina Daniel Quizon pada pertandingan kelompok umur 13 tahun pada Kejuaraan Catur Antarpelajar Asia 2017 di Panjin, China, Ahad.

Dalam siaran pers humas PB Percasi, Ahad, pada pertandingan babak ketiga itu Aditya yang menempati unggulan ke-10 dengan elo rating 1596 mampu mengalahkan pecatur yang memiliki elo rating 2184.

"Saya pusing ditekan terus, jadi saya korbankan bidak di d3, eh ternyata dia gak berani ambil," ungkap Aditya tentang pertandingan dia melawan pecatur Filipina itu.

"Begitu tertekan setiap setiap langkah dia tawari remis tapi saya tolak terus, soalnya waktu saya tertekan saya menawarkan remis dia menolak," tambahnya.

Selain Aditya, enam pecatur Indonesia lainnya juga memenangi pertandingan babak ketiga, namun dua lainnya kalah dan dua lagi remis.

Bahkan tiga pecatur Indonesia mencetak tiga angka bersih masing-masing Nur Aini Rasyid (KU-15 putri), Cecilia Natalie Liuviann (KU-13 putri), dan Aditya.

Pewarta: Aris Budiman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017