Jakarta (ANTARA News) - Beberapa peristiwa menarik kemarin masih laik dibaca hari ini, mulai dari Presiden Joko Widodo main sulap pada perayaan Hari Anak, bentrokan di luar kompleks Aqsa, hingga imbauan Dewan Pers untuk pemberitaan bunuh diri.


Presiden Joko Widodo dibantu dengan Ibu Iriana Joko Widodo, bermain sulap di hadapan ribuan anak pada peringatan Hari Anak Nasional 2017 di Pekanbaru.

"Sekarang saya mau mengundang ibu negara, Ibu Jokowi ayo maju bu saya undang karena saya mau main sulap, saya sudah 5 hari 5 malam belajar sulap," kata Presiden di Lapangan Gedung Daerah Pauhjanggi Provinsi Riau, Minggu.



Bentrok antara jamaah Palestina dan polisi Israel kembali terjadi di luar kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur pada Sabtu malam.

Bentrok itu pecah setelah jamaah menunaikan shalat pada Sabtu malam, sehari setelah tiga warga Palestina tewas dan ratusan lainnya terluka saat Israel membatasi warga Muslim memasuki kompleks itu untuk beribadah, memicu kemarahan di seluruh Tepi Barat dan Jalur Gaza.



Pucuk pimpinan Dewan Pers, Yosep Stanley Adi Prasetyo, mengingatkan media massa agar lebih berhati-hati dalam memberitakan peritiwa yang berkaitan dengan pembunuhan, termasuk kasus bunuh diri.

Yosep Stanley berpesan agar media massa yang memberitakan kasus bunuh tidak perlu menjabarkan secara detail terkait penyebab, proses, dan rekonstruksi bunuh diri karena dikhawatirkan akan ditiru oleh orang lain yang juga mengalami masalah depresi.

"Kalau kami melihat orang yang bunuh diri itu karena gangguan jiwa, putus asa atau depresi, sebaiknya memang tidak diberitakan," kata Yosep Stanley melalui sambungan telepon, Minggu siang.



Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menlu Amerika Serikat Rex Tillerson membahas situasi di kompleks Masjid Al-Aqsa setelah Israel membatasi ibadah di kawasan itu.

Keterangan tertulis yang diterima Antara, Jakarta, Minggu, dalam pembicaraan telepon dengan Rex Tillerson Sabtu 22 Juli malam pukul 22.30 WIB, Retno mengungkapkan Indonesia meminta AS mendesak Israel menghentikan pembatasan beribadah dan kekerasan di Masjid Al-Aqsa.



Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Triawan Munaf, kedapatan menulis pesan di kolom komentar Instagram artis Korea Selatan Kim Hyo-yeon.

Saat dikonfirmasi ANTARA News, melalui sambungan telepon, Minggu, ayah penyanyi Sherina Munaf itu menjawab, "Masih dalam kapasitas pribadi, belum ada yang bisa dirilis."

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017