Kupang, NTT (ANTARA News) - Ketua Departemen Intelijen Olahraga PSSI Pusat, Fary Francis, menilai saat ini sedang menuju ke industri sepak bola.

"Mulai diliriknya pemain-pemain sepakbola asal provinsi ini menandai NTT masuk dalam dunia industri persebakbolaan dan ini merupakan hal positif yang harus didukung," katanya, di Kupang, Senin.

Ia menilai selama ini sepak bola NTT terus berhadapan dengan persoalan-persoalan klasik yang membuat wajah sepakbola daerah ini lesu berkepanjangan.

Di antara masalah itu adalah kekurangan lapangan sepak bola dan sarana latihan lain.

Di samping itu juga belum ada pembinaan sepakbola usia dini (SSB) yang berkelanjutan dan dikelola secara baik serta tidak ada kompetisi sepakbola rutin untuk menemukan dan menempa para pemain setempat. 

Namun dalam beberapa tahun terakhir ini setelah ada dua SSB, Bintang Timur di Atambua, di wilayah perbatasan serta SSB Bali United, di Kupang, yang dimotori David Fulbertus, cukup menggembirakan pecinta sepakbola.

"Belum ditambah lagi dengan kemunculan pemain-pemain muda berbakat asal NTT yang saat ini tengah berada di klub-klub liga satu serta yang berada di Timnas Indonesia mulai dari U-16, U-19 hingga U-23," tuturnya.

Ia mengatakan dalam catatannya dalam beberapa tahun terakhir, NTT menyumbang delapan pemain untuk ikut seleksi tim nasional. Pada tim nasional U-22, ada Yabes Roni Malaifani (Alor), U-19 ada Aldo Leki dan Fladiano Soares (SSB Bintang Timur, Atambua), Gery Sae (Ngada), Abdul Hamid dan Endong Tirtayasa (Flotim), Muhamad Junedin (Kota Kupang).

Kemudian juga di U-15 ada Ruslan Bale Esa (Alor), U-16 Paulinus Gabriel Ati (SSB Bintang Timur Atambua).

Ada juga pemain NTT yang sekarang merumput di beberapa klub tanah air, seperti Di Bali United ada Yabes Roni Malaifani (Alor) dan trio Ngada: Alfonsius Kelvan, Jackson Tiwu, Yunias Bate. Kemudian juga di Bhayangkara FC ada Alsan Sanda (Kota Kupang), dan satu pelatih klub Pusamania FC, Ricky Nelson Ndun yang berasal dari kota Kupang.

"Masuknya sejumlah pemain NTT itu berkat blusukan pelatih tim nasional U-19 Indra Sjafrin ke NTT bahkan sampai ke kabupaten Ngada, Pulau Flores," kata dia, yang juga pendiri SSB Bintang Timur.

Ketua Komisi V DPR ini juga menilai El Tari Memorial Cup (ETMC) 2017 yang digelar di Kabupaten Ende merupakan momen kebangkitan sepakbola di NTT.

"Saat El Tari Memorial Cup nanti, kita bisa melihat dan mencari bakat anak-anak muda NTT yang bertalenta dan momentum ini saya kira menjadi momentum kebangkitan sepak bola NTT," ujarnya.

Ia sendiri mengapresiasi pemerintah Kabupaten Ende yang berhasil membangun lapangan sepakbola bertaraf internasional yang bisa digunakan untuk pertandingan pada malam hari.

Namun, ia mengharapkan agar dengan lapangan yang bagus itu, harus lebih banyak kegiatan pertandingan dan pembinaan sepak bola usia dini agar menghasilkan bakat-bakat yang baru.

"Kami PSSI sendiri berharap agar tiga sampai lima tahun kedepan banyak potensi atau bakat-bakat sepak bola dari NTT yang dapat muncul di nasional mengikuti para pemain Timnas Indonesia yang berasal dari NTT," tuturnya. 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017