Jumat, 22 September 2017

Google Street View bisa jalan-jalan ke luar angkasa

| 4.619 Views
Google Street View bisa jalan-jalan ke luar angkasa
Tampilan 360 derajat Google Street View untuk International Space Station di ponsel. (ANTARW News/Google Street View)
Jakarta (ANTARA News) - Google Street View menjawab keingin tahuan suasana di luar angkasa dengan menampilkan suasana di International Space Station (ISS).

Street View menyajikan tempat tinggal para astronot mulai dari tempat mereka tidur hingga ruang penyimpanan baju khusus luar angkasa, seperti dikutip dari laman The Verge,

Untuk pertama kalinya Street View menampilkan pemandangan luar angkasa, lengkap dengan penjelasan apa yang astronot makan di sana dan di mana tempat penelitian di angkasa.

Gambar panorama 360 derajat di Google Street View menampilkan 15 modul yang membentuk stasiun luar angkasa tersebut.

Google bekerja sama dengan NASA dan Masrshall Space Centre untuk mengambil gambar dengan metode bebas gravitasi, memakai kamera DSLE dan peralatan lain yang sudah ada di stasiun.

Astronot dari European Space Agency di ISS, Thomas Pesquet, lalu mengumpulkan foto di luar angkasa, mengirimkannya ke bumi untuk disunting menjadi gambar panorama 360 derajat.

“Kami dapat banyak masalah sebelum mengumpulkan gambar final yang akhirnya kalian lihat di Street View. ISS punya peralatan teknis di semua permukaan, banyak sekali kabel dan tempat rumit, lalu harus mengambil gambar dari segala sisi, kanan, kiri, atas, bawah,” kata Pasquet dalam blog Google.

“Banyak hambatan di atas sana dan kami punya waktu terbatas untuk mengambil gambar. Jadi, kami harus yakin cara kami berhasil. Oh, lalu gravitasi 0,” tambah dia.

(Baca: Fitur Suggested Sharing di Google Photos kini tersedia di Indonesia)

Penerjemah: Natisha Andarningtyas

Editor: Unggul Tri Ratomo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga