Los Angeles (ANTARA News) – Film tentang Perang Dunia II "Dunkirk" menyerbu posisi puncak box office Amerika Utara di akhir pekan pertamanya setelah mendapat respons positif dari kritikus dan menunjukkan kemampuan akting perdana bintang pop Harry Styles, kata pengamat industri perfilman pada Minggu (23/7).

Film yang disutradarai oleh Christopher Nolan itu – yang meraup sekitar 50,5 juta dolar AS (sekitar Rp672,3 miliar) di Amerika Serikat (AS) dan Kanada, menurut pengamat industri perfilman Exhibitor Relations – dipuji oleh banyak kritikus sebagai sebuah mahakarya.

Dibintangi oleh personel One Direction Harry Styles, film tersebut mengisahkan kembali evakuasi ratusan ribu tentara Sekutu pada 1940 dari sebuah pantai di Prancis utara yang sedang berada di bawah bombardir Jerman.

Sementara itu film komedi vulgar "Girls Trip" yang dibintangi Queen Latifah dan istri Will Smith, Jada Pinkett Smith, dirilis perdana di posisi kedua dengan penjualan tiket mencapai 30,4 juta dolar AS (sekitar Rp404,7 miliar).

Peringkat ketiga sampai 10 secara berturut-turut ditempati oleh "Spider-Man: Homecoming", "War For the Planet of the Apes", "Valerian and the City of a Thousand Planets", dan "Despicable Me 3".

Kemudian diikuti "Baby Driver", "The Big Sick", "Wonder Woman" dan "Wish Upon", demikian AFP.

(Baca: "Dunkirk" sudah tayang, ini lima film terlaris Christopher Nolan)

Penerjemah: Monalisa
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017