Minggu, 24 September 2017

Rafflesia gadutensis kelopak enam mekar di Bengkulu

| 4.322 Views
Rafflesia gadutensis kelopak enam mekar di Bengkulu
Rafflesia gadutensis yang ukurannya lebih kecil ketimbang Rafflesia arnoldii. Nama Rafflesia gadutensis diberikan untuk menghargai lokasi di mana bunga itu perdana ditemukan, di Desa Ulu Gadut, Sumatera Barat. (wikipedia.org)
... ini sangat unik...
Bengkulu, Bengkulu (ANTARA News) - Agak di luar kebiasaan, bunga Rafflesia gadutensis berkelopak enam mekar sempurna di kawasan hutan lindung Boven Lais, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

"Rafflesia gadutensis mekar di spot lima dengan enam kelopak, ini sangat unik," kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka Bengkulu Utara, Septian Riki, saat dihubungi dari Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan kawasan hutan yang menjadi habitat bunga dilindungi itu dapat diakses lewat jalan setapak yang sudah dirintis anggota komunitas.

Untuk menjangkau lokasi, perlu berkendara roda dua selama satu jam dari Kota Bengkulu menuju Kota Argamakmur, lalu menuju kawasan wisata air terjun Palak Siring. "Ada petugas yang menjaga gerbang gapura dan siap memandu pengunjung menuju lokasi bunga mekar," ucapnya.

Riki menambahkan, di kawasan itu terdapat lima titik habitat bunga langka Rafflesia gadutensis dan Rafflesia arnoldii yang sudah dipetakan anggota komunitas.

Rafflesia gadutensis merupakan satu dari empat jenis bunga genus Rafflesia yang berhasil teridentifikasi di hutan Bengkulu.

Selain jenis Rafflesia arnoldii dan Rafflesia gadutensis, terdapat juga Rafflesia hasselti dan Rafflesia bengkuluensis.

Persebaran bunga itu antara lain di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Kepahiang, Mukomuko, Bengkulu Selatan dan Kaur.

Umumnya, bunga genus Rafflesia memiliki lima kelopak bunga yang mekar sempurna selama satu pekan.

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga