Kendari (ANTARA News) - Pihak Basarnas berhasil menyelamatkan kapal jenis longboat yang terombang-ambing di Perairan Wakatobi dalam rute pelayaran Wanci-Kapota, Sulawesi Tenggara.

Humas Basarnas Kendari, Wahyudi, di Kendari, Senin, mengatakan pada Minggu malam (23/7) pukul 19.45 Wita, Basarnas kendari menerima info dari bapak Ruli salah seorang korban yang berada di atas longboat.

"Dalam infonya bahwa longboat yang ditumpanginya mengalami kerusakan yaitu propeler longboat terlepas dan terombang ambing di sekitar perairan karang kapota Wakatobi," katanya.

Dikatakan, Longboat dengan rute Wanci - Karang Kapota ini terombang ambing kurang lebih 4 mil dari pulau Wangi-wangi bagian barat pulau Kapota dengan penumpang 4 orang.

Pada pukul 20.05 Wita saat itu katanya, tim rescue Pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju tempat kejadian musibah (TKM) dengan menggunakan RIB menuju TKM untuk memberikan bantuan SAR.

"Pada pukul 20.35 wita tim Rescue Pos SAR Wakatobi berhasil menemukan longboat tersebut pada koordinat 5 18 00"S - 123 26 00"E dan langsung mengevakuasi keempat penumpang Longboat dalam keadaan selamat menuju pelabuhan Wanci," katanya.

Selanjutnya, pada pukul 21.20 wita tim rescue Pos SAR Wakatobi tiba di Pelabuhan Wanci, dan pada

Pukul 21.30 wita Operasi SAR terhadap satu buah longboat diperairan kapota dinyatakan selesai dan ditutup.

Adapun Daftar penumpang adalah Ruli/Laki/25 tahun, Jasmin/Laki/26 tahun, Hendi/Laki/25 tahu dan Jasi/Laki/19 tahun.

Pewarta: Suparman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017