London (ANTARA News) - Manajer Everton, Ronald Koeman, mengatakan, rekrutan baru mereka, Wayne Rooney, telah memberikan dampak yang besar terhadap pasukan dan meyakini bahwa pengalaman kapten Inggris itu dapat memimpin klub Merseyside menuju level baru.

Rooney, yang merupakan pencetak gol terbanyak untuk timnas Inggris, kembali ke klub pertamanya setelah 13 tahun membela Manchester United dan merupakan rekrutan keenam Koeman pada bursa transfer kali ini.

"Ia memiliki banyak pengalaman," kata Koeman kepada situs resmi klub (www.evertonfc.com).

"Ia merupakan pemain penting di atas lapangan namun juga penting untuk rekan-rekan setimnya dan tentu saja para pemain muda untuk memperlihatkan kepada mereka apa yang Anda perlukan untuk mencapai standar tinggi itu di sepak bola."

"Itu berarti ia perlu menjadi pemimpin di luar lapangan dan jika saya melihat bagaimana ia bekerja dan apa yang ia lakukan dengan semua pemain, itulah yang benar-benar kami inginkan."

Klub Merseyside ini merupakan salah satu klub Liga Inggris paling aktif di bursa transfer kali ini, di mana rekrutan-rekrutan utama mereka mencakup Rooney, Jordan Pickford, Michael Keane, Davy Klaassen, Henry Onyekuru, Sandro Ramirez, dan Cuco Martina.

Dengan Koeman berharap timnya dapat bersaing di Liga Inggris dan Liga Europa musim depan, pria Belanda ini percaya bahwa mereka telah menambahi banyak kualitas dalam skuadnya.

"Saya benar-benar senang dengan bagaimana para pemain baru menyesuaikan diri," tambah Koeman. "Mereka memiliki masa depan cerah di Everton dan memberikan kualitas yang perlu kami kembangkan."

Everton akan memulai musim baru mereka melawan Ruzomberok, asal Slovakia, di putaran kualifikasi ketiga Liga Europa. Pasukan Koeman akan menjadi tuan rumah pada leg pertama yang berlangsung pada Kamis, sedangkan leg kedua dijadwalkan berlangsung pada 3 Agustus.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017