Magelang (ANTARA News) - Tim kesenian dari tiga negara, yakni China, Jepang, dan India sudah memastikan diri akan tampil pada Borobudur International Festival 2017, kata Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Urip Sihabudin.

"Selain sejumlah kabupaten/kota, ada tiga negara yang sudah konfirmasi kedatangannya pada Borobudur International Festival (BIF) 2017," katanya di Magelang Senin.

Ia mengatakan hal tersebut pada pembukaan Festival Desa Wisata 2017 di Lapangan drh Soepardi Kabupaten Magelang.

Ia menuturkan BIF akan dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata pada 28 Juli 2017.

Menurut dia BIF tahun ini berbeda dengan penyelenggaraan BIF yang lalu, sekarang kebijakan dari Jateng semua kegiatan yang terkait dengan kepariwisataan didorong sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat di mana pun kegiatan itu diselenggarakan. "Dalam rangka itulah BIF 2017 kami dorong berbagai kegiatan yang bisa menyemarakkan BIF itu sendiri sekaligus sebanyak mungkin melibatkan masyarakat di sekitar borobudur dan Magelang pada umumnya."

Ia mengatakan rencana ke depan BIF bisa diselenggarakan setiap tahun dan diselenggarakan dengan melibatkan sebanyak-banyaknya masyarakat di sekitar Borobudur.

Ia menyampaikan tujuan penyelenggaraan BIF selain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yakni agar wisatawan bisa lebih lama tinggal di Magelang.

"Sekarang lama tinggal untuk wisatawan nusantara kecil sekali, misalnya orang Surabaya datang ke Magelang mengunjungi Candi Borobudur sebentar kemudian pulang lagi. Kami ingin banyak event di sekitar Borobudur sehingga wisatawan yang berasal dari luar Jateng khususnya dan mancanegara pada umumnya bisa lebih lama tinggal di Magelang," katanya.

Ia mengatakan banyak masyarakat yang mendapatkan manfaat dari kehadiran wisatan di Magelang ini.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017