Purwakarta (ANTARA News) - Para pelajar di SMAN I Campaka Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, melakukan panen raya di atas lahan milik sekolah seluas sekitar 6.000 meter, Selasa.

"Kegiatan menanam hingga panen padi ini bagian dari pelaksanaan Peraturan Bupati Purwakarta Nomor 69 tahun 2015 tentang Pendidikan Berkarakter," kata Kepala SMAN I Campaka, Nur Asiah Jamil, di Purwakarta.

Peraturan bupati tersebut dikeluarkan dengan menekankan pendidikan aplikatif berbasis alam dan lingkungan sekolah.

Dalam menerapkan peraturan bupati itu, pihak sekolah memanfaatkan lahan kosong milik sekolah dengan menanami tanaman berbagai jenis seperti padi dan palawija.

"Terkait dengan pendidikan berkarakter, kami juga fokus memelihara ikan di kolam pinggir sekolah," katanya.

Untuk hasil panen padinya, para pelajar langsung menjualnya ke beberapa pedagang yang biasa berjualan beras di Pasar Ki Sunda, Leuwi Panjang, Purwakarta.

Sedangkan hasil panen sayuran atau palawija, itu dijual ke warung makan yang berada di sekitar sekolah itu.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang ikut panen padi hasil tanam siswa di SMAN I Campaka menyampaikan apresiasinya kepada para pelajar di sekolah itu, khususnya pelajar pelajar yang tergabung dalam ekstrakurikuler Pertanian.

"Sekarang ini sudah jarang generasi muda yang mau terjun langsung ke sawah. Jadi kami apresiasi kegiatan panen raya para pelajar itu," kata dia.

Ia mengatakan, melalui pendidikan berkarakter itu, pengetahuan dan tata cara bertani yang dipelajari para pelajar disekolah bisa diterapkan melalui praktik bertani.

Pewarta: M Ali K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017