Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan bangsa Indonesia memiliki cara sendiri untuk menyelesaikan masalah yang muncul akibat perbedaan dengan musyawarah. 

"Pancasila sudah tegaskan cara asli Indonesia untuk menyelesaikan masalah yakni sila ke 4 musyawarah. Bicara dari hati ke hati untuk kebaikan semua," katanya dalam seminar Kebangsaan Islam dan Demokrasi di Jakarta, Selasa, sebagaimana dilansir siaran pers MPR.

Zulkifli mengatakan, dalam setiap pengambilan keputusan strategis baik di parlemen maupun pemerintahan, harus mendorong tercapainya mufakat.

"Kata Bung Karno harus mengakomodasi semua. Yang kecil dan sedikit harus terwakili. Bagaimana caranya? Indonesia punya Demokrasi Pancasila, musyawarah mufakat," ujarnya.

Menurut Zulkifli, pendekatan yang sama juga bisa dilakukan kepala daerah kepada warganya yang terdampak pembangunan. 

"Kalau sama rakyat jangan berpikir menang kalah. Pikirkan bagaimana warga mendapat ganti untung. Ingat ini rakyat sendiri bukan musuh bangsa asing," tuturnya.

"Intinya jangan menang menangan. Musyawarah mufakat bisa menjadi solusi asal kita mau berbagi. Sama rakyat, jangan berpikir menang-kalah," demikian Zulkifli Hasan.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017