Hanoi, Vietnam (ANTARA News) - Topan Tropis Sonca, yang keempat di Laut Tiongkok Selatan sepanjang tahun ini, mendarat di beberapa provinsi Vietnam Tengah, dan mengakibatkan kerugian besar harta, kata Komite Pengarah Pusat bagi Pencegahan dan Pengendalian Bencana Alam Vietnam.

Badai tersebut menghumbalang atap 57 rumah di Provinsi Quang Tri, membuat hampir 2.900 hektare sawah terendam air di Provinsi Quang Tri dan Thua Thien Hue, kata Komite itu kepada Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu malam. Badai itu juga merusak sebanyak 1.300 hektare tanaman lain di Quang Tri, dan menjebol 600 meter tanggul di Provinsi Quang Tri dan Thua Thien Hue.

Hujan lebat dan angin puting beliung di Provinsi Ha Tinh melukai dua warga setempat, dan merusak 62 rumah serta dua sekolah pada Selasa, kata Komite tersebut.

Dalam setengah tahun 2017, bencana alam di Vietnam menewaskan atau membuat 27 orang hilang, melukai 30 orang lagi, merusak 5.900 rumah dan membuat 11.400 hektare tanaman terendam air. Bencana alam itu mengakibatkan kerugian harta lebih dari 433 miliar dong Vietnam (19,2 juta dolar AS), kata Kantor Statistik Jenderal di negeri itu.

(Uu.C003)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017