Seoul (ANTARA News) - Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, menyambut anggota baru dalam keluarganya yaitu Tory, seekor anjing yang diselamatkan dua tahun lalu.

Pemilik anjing itu sebelumnya adalah pria tua yang suka menyiksa anjing dan memakannya, menurut CARE, kelompok hak hewan penyelamat Tory.

Moon, pecinta hewan yang sebelumnya berjanji akan mengadopsi Tory dalam kampanye kepresidenannya, menyambut hewan itu di kediamannya pada Rabu, ungkap kantornya dalam pernyataan.

Keterangan tersebut menambahkan, itu adalah pertama kalinya satu anjing yang diselamatkan bisa masuk ke istana kepresidenan Cheongwadae.

Pengadopsian hewan tersebut dilakukan setelah pendahulu Moon, Park Geun-Hye, dikecam karena mengabaikan sembilan anjingnya saat meninggalkan Gedung Biru awal tahun ini.

Sebaliknya, presiden baru, yang juga memiliki anjing pemburu Pungsan, Maru, dan seekor kucing bernama Jjing-Jjing, mendapat pujian karena mengadopsi anjing tersebut, yang diberi julukan "Moon Tory" oleh warganet.

"Tory, akhirnya kamu menemukan pemilik terbaik!" cuti seorang pengguna Twitter.

Tory dipukuli dan ditemukan terikat tali di sebuah rumah yang ditinggalkan di luar Seoul, ungkap kantor Moon.

Moon mengunjungi penampungan hewan di mana Tory ditempatkan pada bulan Mei, dan berjanji mengadopsi "anjing yang disebut jelek itu... dengan alasan semua manusia dan hewan berhak untuk bebas dari prasangka dan diskriminasi".

Pengadopsian anjing kampung berusia sekitar empat tahun itu tergolong tidak biasa karena kebanyakan orang Korea Selatan lebih memilih anjing ras, demikian AFP.

Penerjemah: Try Essra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017