Banjarmasin (ANTARA News) - Menteri sosial Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan sosial kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan selatan, dengan total bantuan sebesar Rp30,7 miliar.

Total bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh menteri sosial itu datang ke Amuntai pada Kamis, terbagi untuk dana Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp9 miliar, program Rastra Rp20 miliar, bantuan untuk Disabilitas Rp150 juta.

Selanjutnya, bantuan untuk Lansia Rp220 juta, nantuan RS-RTLH sebesar Rp300 juta, bantuan Kube PKH Rp800 juta dan bantuan peralatan sekolah LKSA Rp37,4 juta lebih.

Bantuan sosial diserahkan langsung oleh Menteri Sosial kepada keluarga penerima manfaat (KPM) program PKH secara simbolis pada acara peluncuran (Launching) penyaluran bantuan sosial non tunai PKH di Lapangan Pahlawan Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kamis.

"Khusus untuk bantuan PKH sebanyak 4.772 keluarga penerima manfaat, semoga bantuan PKH ini bisa dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga kurang mampu," ujar Khofifah.

Khofifah mengatakan, bantuan hanya sebagai perangsang bagi keluarga untuk bisa mendayagunakan kemampuan dalam berusaha.

Ia berharap setiap anggota keluarga bisa melakukan tugas dan pekerjaan dengan baik sehingga memberikan nilai tambah bagi keluarga.

Penyerahan bantuan PKH yang dirangkai dengan Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-24 dan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2017, diharapkan Khofifah bisa menjadi moment bagi tiap keluarga Indonesia, untuk terus semangat bekerja dan berkarya sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Mensos juga mengingatkan peran keluarga untuk saling mengawasi anggota keluarga, khususnya anak-anak agar tidak terjerat kepada penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan aktivitas negatif lainnya.

Bupati HSU Abdul Wahid menyatakan bahagia atas kedatangan Menteri Sosial kedaerahnya. Apalagi dana bantuan PKH setiap tahun selalu meningkat seiring semakin bertambah jumlah keluarga penerima manfaat.

"Tahun 2015 hanya sebanyak 1.464 KPM meningkat menjadi sebanyak 3.376 KPM, di 2016 dan pada tahun ini bertambah sebanyak 4772 KPM," terang Bupati.

Hadir pada acara itu, Direktur Jaminan Sosial Keluarga Kemensos Nur Pujianto, Regional CEO PT Bank Mandiri (Persero) Kalimantan Anton Zulkarnaen, Staf Khusus menteri dan para pejabat Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan.

Selain menyerahkan bantuan PKH, Mensos Khofifah juga menyerahkan sejumlah penghargaan kepada remaja berprestasi dalam program kegiatan sosial di Kabupaten HSU dan mencanangkan Desa Siaga Bencana dan Satgas Tagana di Kecamatan Banjang.

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017