Amuntai (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan pencairan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap ketiga akan dilakukan dan tuntas pada Agustus 2017.

"Kita ingin pencairan tahap ketiga dilakukan serentak pada Agustus," kata Mensos pada penyaluran PKH tahap kedua di Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis.

Pada kesempatan itu, Mensos meminta pada pencairan tahap kedua di HSU tersebut untuk langsung dilakukan persiapan pencairan tahap ketiga.

"Andai ada daerah pencairan tahap keduanya ternyata masuk ke bulan Agustus, maka Agustus itu mereka dapat pencairan tahap kedua dan ketiga," tambah Mensos.

Jumlah nominal Bansos PKH sendiri yakni sebesar Rp1.890.000 yang pencairannya dibagi dalam empat tahap yakni di bulan Januari, Mei, Agustus dan November.

Agar pencairan tahap ketiga bisa dilakukan pada Agustus mendatang, menurut Khofifah, Kemensos sudah membentuk tim untuk percepatan pencairan tahap ketiga Agustus tuntas.

"Saya sudah kumpulkan seluruh eselon dua dan kepala balai untuk membantu koordinasi di masing-masing daerah sehingga proses penyiapan 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada 2018 itu kita relatif sudah bisa mengukur di Agustus ini," katanya.

Saat ini, total bansos PKH mencapai Rp11,3 triliun dan kemungkinan jumlah bansos PKH yang disalurkan tahap ke III mencapai angka Rp3 triliun. Sementara pencairan tahap kedua sudah mencapai 78 persen.

Di Kabupaten HSU Kementerian Sosial menggelontorkan bansos senilai Rp29,6 miliar yang terdiri dari bansos PKH, beras sejahtera (Rastra), bansos disabilitas, dan bansos lanjut usia.

(Baca: Mensos serahkan bantuan sosial Rp30,7 miliar untuk Hulu Sungai Utara)

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017