Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo kemarin menanggapi pihak yang tidak menyetujui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Selain itu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu di Puri Cikeas, Bogor, dan Persib menyatakan ikut berduka atas kematian penonton yang dikeroyok bobotoh dalam laga Persib melawan Persija.

Berikut beberapa berita kemarin yang bisa disimak kembali awal hari ini:

1. Presiden: tidak setuju Perppu silakan tempuh jalur hukum

Presiden Joko Widodo mempersilakan pihak-pihak yang tidak menyetujui penerbitan Perppu tentang Ormas menempuh jalur hukum.

"Kalau ada yang tidak setuju ya silakan menempuh jalur hukum, negara ini kan negara hukum dipersilakan," katanya usai membuka Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi 2017 di Jakarta, Kamis.

2. Pemerintah belum prioritaskan RUU Redenominasi

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemerintah belum akan memprioritaskan pengajuan rancangan Undang-Undang (RUU) terkait redenominasi atau penyederhanaan pecahan mata uang ke legislatif.

"Saat ini pemerintah belum berpikiran untuk menyampaikan RUU itu," kata Sri Mulyani ditemui usai diskusi media di Jakarta, Kamis.

Alasan penundaan pengajuan RUU tentang redenominasi tersebut adalah masih adanya beberapa pembahasan mengenai perubahan UU lain yang sebelumnya telah masuk ke program legislasi nasional.


3. KPK klarifikasi pengadaan printer proyek KTP-e

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengklarifikasi masalah pengadaan printer dalam proyek pengadaan KTP-elektronik (KTP-e) ke ahli pengadaan barang atau jasa Harmawan Kaeni.

Harmawan adalah saksi dalam penyidikan kasus korupsi dalam pengadaan paket penerapan Kartu Tanda Penduduk berbasis Nomor Induk Kependudukan secara nasional (KTP-e). Ia diperiksa untuk tersangka Setya Novanto, yang sekarang menjabat sebagai Ketua DPR.


4. Persib turut berduka atas kematian Ricko

Manajemen Persib Bandung menyatakan turut berduka cita atas kematian Ricko Andrean Maulana, yang meninggal dunia setelah dikeroyok bobotoh saat laga Persib melawan Persija pada Sabtu (22/7).

Pejabat media Persib Irfan Suryadireja saat melayat ke rumah duka di Jalan Tamim Abdul Syukur, Cicadas, Kota Bandung, Kamis, berharap kasus yang menimpa Ricko menjadi yang terakhir dan menjadi pelajaran bagi seluruh suporter, terutama bobotoh, untuk mendukung tim dengan hati yang jernih tanpa mengedepankan amarah dan dendam.


5. Hasil pertemuan SBY dan Prabowo

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjelaskan hasil pertemuan mereka di Pendopo Puri Cikeas, Bogor, Kamis malam.

"Saya mulai dari pertemuan kami pada malam hari ini sebenarnya bukan lah sesuatu yang sangat luar biasa. Barang kali yang jadi luar biasa mungkin pertemuan terjadi setelah pada tanggal 20 Juli 2017 lalu dalam rapat paripurna DPR RI, Gerindra, Demokrat, PAN dan PKS berada dalam satu kubu yang tidak disetujui dikukuhkannya RUU Pemilu," ujar SBY.

Ia mengatakan bahwa setelah Paripurna DPR menyetujui pengesahan RUU Pemilu menjadi Undang-Undang, kader Gerindra dan Demokrat mendorong pertemuan antara dia dan Prabowo bertemu. SBY mengaku menyambut usul tersebut dan mewujudkannya.


Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017