Kami bersyukur proyek ini sudah memenuhi standar kelayakan, dan prosesnya juga cepat, tepat dan akurat."
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meresmikan uji coba open traffic atau pembukaan lalu lintas di Simpang Susun Semanggi (SSS) pada Jumat malam.

"Kami bersyukur proyek ini sudah memenuhi standar kelayakan, dan prosesnya juga cepat, tepat dan akurat," kata Djarot di Simpang Susun Semanggi, Jakarta Selatan.

Menurut dia, pada malam hari ini akan langsung dilakukan uji coba open traffic, yakni kendaraan roda empat sudah diizinkan untuk melintas di simpang tersebut, kecuali kendaraan roda dua.

"Malam ini juga langsung kami akan lakukan uji coba, jadi masyarakat, atau lebih tepatnya kendaraan roda empat sudah boleh melewati simpang ini," ujar Djarot.

Lebih lanjut, dia mengaku bangga dengan terealisasinya simpang tersebut. Dia pun mengaku optimistis keberadaan simpang itu akan mampu mengurai kemacetan.

"Semoga Simpang Susun Semanggi ini bisa menjadi prestasi tersendiri sekaligus dapat membawa kebaikan dan manfaat bagi seluruh warga DKI Jakarta," tutur Djarot.

Dalam kesempatan tersebut, Djarot juga menerima sertifikat laik fungsi atas Simpang Susun Semanggi yang langsung diserahkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"Mudah-mudahan prasarana ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh warga. Ini juga sebagai bentuk pelayanan yang lebih baik. Semoga prasarana ini bisa mengurai kemacetan," ungkap Basuki.

Seperti diketahui, pembangunan Simpang Susun Semanggi dimulai pada 16 Maret 2016 dan ditargetkan rampung pada 16 September 2017. Namun, proyek tersebut bisa selesai lebih cepat dua bulan, yaitu pada akhir Juli 2017.

Simpang Susun Semanggi memiliki total panjang lintasan 1,6 kilometer yang terdiri dari dua buah ramp, yaitu Ramp 1 (Polda-Bundaran HI) sepanjang 826 meter dan Ramp II (Grogol-Blok M) sepanjang 796 meter.

Berdasarkan pantauan Antara, saat ini sudah terlihat sejumlah kendaraan roda empat yang melintas di Simpang Susun Semanggi. Beberapa polisi lalu lintas serta petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengatur lalu lintas di sekitar simpang tersebut.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017