Lamongan (ANTARA News) - Persela Lamongan meraih hasil positif menutup putaran pertama Liga 1 2017, dengan menundukkan Barito Putera 3-2 pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Surajaya, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Jumat petang.

Tiga gol Persela masing-masing dicetak Jose Manuel Barbosa (Jose Coelho) menit ke 25, Samsul Arif menit ke 30, dan M Fahmi Al Ayyubi menit ke 87. Sedangkan dua gol balasan Barito Putera dicetak Gavin Kwan Adsit menit ke 31, dan Rizky Pora menit ke 81.

"Pemain bermain luar biasa pada petang ini, terutama Jose Manuel Barbosa yang menjadi tulang punggung serangan ke pertahanan Barito Putra," kata Pelatih Persela Herry Kiswanto usai laga.

Herry mengaku secara keseluruhan cukup puas dengan hasil pertandingan, sebab pemain menjalankan instruksi sesuai strategi awal, dan mampu menutup putaran pertama dengan hasil positif.

Sedangkan Pelatih Barito Putera Jaksen F Tiago mengaku menyesal karena pemainnya tidak mampu mempertahankan hasil seri, padahal sudah mendominasi permainan dan menciptakan banyak peluang.

Pada pertandingan itu kedua kesebelasan bermain sangat hati-hati di menit awal, sehingga kedua tim sama-sama menunggu kelengahan pertahanan masing-masing lawan.

Memasuki menit ke 20, Penjaga gawang Persela Choirul Huda terpaksa diganti karena salah jatuh, dan sebagai penggantinya penjaga gawang nomor dua masuk, Ferdiansyah.

Pergantian penjaga gawang utama ini membuat Barito Putera menaikkan tempo serangan, sehingga melalui tendangan Douglas Packer hampir mampu menjebol gawang lawan, namun masih belum membuahkan hasil.

Merasa terus ditekan, Persela bangkit dan melakukan serangan balik. Melalui Jose Manuel Barbosa pada menit ke 25 tim warga Lamongan ini mampu menjebol gawang Barito Putera, skor berubah 1-0 untuk tuan rumah.

Gawang Barito Putera yang dijaga Aditya Harlan kembali kebobolan lima menit kemudian melalui tendangan salto Samsul Arif yang memanfaatkan bola mental Jose Manuel Barbosa, sehingga gagal diantisipasi dan skor berubah 2-0.

Barito mulai bangkit dan membalas melalui gol sundulan kepala Gavin Kwan Adsit pada menit ke 31, sehingga skor menjadi 2-1 yang bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Barito Putera yang tertinggal bermain langsung menggebrak pertahanan Persela, dan pada menit ke 81 Rizky Pora yang menerima umpan menyusur tanah dari lini tengah langsung menyambar bola dengan keras yang berbuah gol. Skor pun berubah menjadi 2-2.

Hasil imbang ini tidak bertahan lama, enam menit kemudian Laskar Joko Tingkir julukan Persela mampu menjebol gawang melalui tendangan Fahmi yang gagal dibendung Aditya Harlan, dan gol kembali tercipta.

Papan skor berubah menjadi 3-2 untuk Persela, dan hasil ini bertahan hingga pertandingan usai.

(T.A067/I007)

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017