Makassar (ANTARA News) - Bakal calon gubernur Sulawesi Selatan Ichsan Yasin Limpo mendeklarasikan Andi Mudzakkar sebagai pendampingnya untuk maju pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel 2018.

"Dengan izin Allah SWT, saya sampaikan Andi Mudzakkar (Cakka) akan mendampingi saya di Pilgub Sulsel," ucap Ichsan saat deklarasi di Celebes Convention Center, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu.

Pada kesempatan itu mantan Bupati Gowa yang juga sekaligus adik kandung Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan, keraguan untuk maju sebagai bakal kandidat akhirnya terbantahkan, karena hasil rapat forum diskusi memutuskan Cakka sebagai bakal wakilnya.

Cakka adalahn adik dari Aziz Kahar Mudzakkar yang juga berpasangan dengan Nurdin Halid, dan kini menjabat sebagai Bupati Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Keduanya merupakan tokoh di tanah Luwu dan sama-sama bertarung sehingga diprediksi suara basis akan terpecah bahkan tergerus mengingat perebutan suara pemilih akan semakin dinamis di wilayah Luwu Raya.

Ichsan kini menjabat Ketua PMI Sulsel. Ia mengaku dengan mengandeng Cakka, tidak ada lagi kecemasan bahwa suara pemilih Aziz Kahar Mudzakkar akan mendominasi di Luwu Raya.

"Keraguan disampaikan Rusdi Masse akan terjadi irisan suara di Luwu karena Andi Mudzakkar adalah adik Aziz Kahar Mudzakkar tidak akan berbahaya lagi bagi saya," paparnya dihadapan para pendukung dan simpatisannya.

Deklarasi tersebut juga dirangkaikan dengan peluncuran Sejuta Punggawa dengan memanfaatkan aplikasi berbasis Android sebagai bahan baru meraih dukungan saat kampanye.

Hingga saat ini baru dua pasangan yang memastikan maju pada Pilkada Serentak Pilgub Sulsel 27 Juni 2018. Pertama Nurdin Halid-Aziz Kahar Mudzakkar, Kedua Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar. Sementara pasangan lain yang sebelumnya menyatakan akan berpasangan yaitu Nurdin Abdullah-Tanri Bali Lamo, masih jalan di tempat, bahkan dikabarkan kombinasi pasangan ini akan retak.

Sementara kandidat lainnya yang masih mengutak-atik strategi untuk menggaet pasangan seperti Agus Arifin Numang dan Abdul Rivai Ras. Ketiga bakal calon gubernur terus berjuang mendekati partai politik untuk maju ke Pilgub Sulsel nanti.

(T.M050/A013)

Pewarta: Darwin Fatir
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017