Pontianak (ANTARA News) - Dermawan, guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mengajar di daerah kepulauan Kabupaten Kayong Utara, Sabtu (29/7) ditemukan tewas setelah terjatuh dari kapal penangkap ikan yang ia tumpangi pada Kamis, (27/7) malam.

Dantim Basarnas Asmayadi yang ikut melakukan pencarian korban saat dihubungi dari Pontianak, Minggu mengatakan, pencarian selama dua hari tersebut sempat terkendala oleh ombak yang cukup tinggi.

Hal ini pun ditambah lagi jarak tempuh menuju lokasi tempat korban jatuh memerlukan waktu hingga 90 menit dengan menerjang ombak laut, sehingga cukup menyulitkan proses pencarian korban.

"Kalau cuaca untuk hari ini saja hampir dua meteran ombaknya, korban yang sudah ditemukan warga akan kita jemput dan akan kita bawa ke rumah duka di Sungai Awan Ketapang sesuai dengan permintaan warga," jelasnya.

Jasad Dermawan, warga Sungai Awan ini ditemukan sudah tidak bernyawa pada Sabtu (29/7) pagi setelah keluarga, masyarakat dan Tim SAR melakukan penyisiran selama dua hari.

Dari keterangan pesan singkat yang dikirimkan oleh korban kepada istrinya yang bernama Susi, korban hendak pulang ke Sungai Awan Kabupaten Ketapang menggunakan kapal penangkap ikan dari tempat ia mengajar di SDN 03 Kelumpang Pulau Maya Karimata.

Namun naas, korban tergelincir dan jatuh dari kapal yang ia tumpangi. Nahkoda kapal beserta Anak Buah Kapal (ABK) sempat melakukan pencarian malam itu juga dilokasi korban jatuh, namun sayang tidak membuahkan hasil.

"Tidak lama kemudian, saya dihubungi oleh Kepala Sekolah SDN 3 Kelumpang dan memberitahu kalau suami saya terpeleset dan jatuh kelaut. Nahkoda panik dan mencari korban, namun sayang malam itu tidak bisa ditemukan," ujar istri korban Susi.

Pencarian dilanjutkan pada hari Jumat, (29/7), dengan bantuan anggota Polsek Pulau Maya Karimata, Basarnas dan masyarakat nelayan Tanjung Satai.

Namun pencarian korban tersebut masih tidak membuahkan hasil dan terpaksa dihentikan dikarenakan cuaca dengan gelombang yang sangat tinggi.

Korban baru berhasil ditemukan oleh dua orang nelayan pada Sabtu, (29/7) jam 08.00 WIB di sekitar laut Tanjung Satai.

Pewarta: Teguh IW/Rizal
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017