Jakarta (ANTARA News) - Sean Gelael memenuhi janjinya meraih poin pada balapan feature Formula 2 di Sirkuit Hongaroring, Hungaria, Sabtu (29/7),  dan ini merupakan poin perdana Sean di sirkuit itu.

Berdasarkan data fiaformula2.com, pebalap Indonesia dari tim Pertamina Arden ini finish diurutan sembilan meski sebelumnya harus start dari posisi 20. Dengan posisi tersebut, Sean berhak mendapatkan dua poin.

Raihan dua poin di Hongaroring ini menambah pundi-pundi poin pebalap Indonesia ini menjadi lima poin. Hasil ini dinilai cukup bagus mengingat persaingan balapan satu level di bawah Formula 1 musim ini cukup ketat.

"Bukan balapan yang mudah. Apalagi hasil kualifikasi yang tidak menguntungkan. Namun, semua anggota tim bekerja keras sehingga kami mampu mendapatkan poin," kata Sean Gelael dalam keterangannya.

Hasil bagus juga didapat rekan satu tim Sean, Norman Nato. Pebalap asal Prancis ini finish ketujuh dan berhak mendapatkan tambahan enam poin meski pada awal balapan sempat terkendala dengan kendaraan yang digunakan.

"Awal balapan seperti menjadi bencana buat saya karena masalah teknik. Untungnya kami kami dapat kembali ke lintasan dan tidak kehilangan momen. Posisi ketujuh cukup positif," kata Norman Nato.

Dengan tambahan enam poin, posisi Nato pada klasemen sementara Formula 2 berada diposisi tujuh dengan 73 poin. Peluang untuk menambah pundi-pundi poin di Hongaroring masih terbuka karena masih ada balapan sprint yang harus dijalani.

Balapan feature di Hongaroring bagi pebalap Pertamina Arden memang cukup menantang, Sean harus berangkat dari posisi belakang sementara Nato langsung mendapatkan kendala dengan kendaraannya. Beruntung banyak hal yang menguntungkan bagi kedua pebalap tersebut.

Sean harus start diposisi 20 karena melakukan kesalahan dan mobilnya terhenti saat kualifikasi. Sedangkan Nato sebenarnya mendapatkan start diposisi lima. Namun, kondisi balapan berbeda. Meski demikian pebalap dengan nomor start 20 ini bersama tim mampu mengatasinya.

Keluarnya beberapa pebalap dari balapan seperti Sergio Canamasas dari tim Rapax dan Robert Visoiu dari Campos Racing karena bersenggolan sehingga memaksa safety car keluar dari kandang membawa keuntungan bagi Sean dan Nato masuk posisi sepuluh besar.

Pada lap 34 Safety car lagi-lagi masuk lintasan setelah pebalap Russian Time Artem Markelov melintis keluar lintasan ketika bersaing dengan pebalap DAMS Oliver Rowland saat penentuan posisi terdepan balapan. Kondisi ini menguntungkan posisi Sean dan Nato untuk naik posisi.

Akhirnya Oliver Rowland sukses menjadi yang terbaik di Sikuit Hongaroring disusul rekan satu timnya Latifi dan posisi ketiga pebalap dari tim Rapax Nick de Vries. Sedangkan pemuncak klasemen Carlos Leclerc harus puas diposisi keempat.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017