Saint Petersburg, Rusia (ANTARA News) - Presiden Vladimir Putin menyaksikan pertunjukan kekuatan Angkatan Laut Rusia pada Minggu (30/7), saat Kremlin memamerkan kekuatan angkatan lautnya dari Laut Baltik sampai ke pantai Suriah.

Sekitar 50 kapal perang dan kapal selam dipamerkan di sepanjang Sungai Neva dan di Teluk Finlandia di kota terbesar kedua negara itu, Saint Petersburg, setelah Putin memerintahkan angkatan laut mengadakan parade pertamanya dalam skala besar.

"Sekarang ini banyak yang dilakukan untuk mengembangkan dan memodernisasi angkatan laut," kata Putin kepada para personel militer setelah meninjau perangkat keras militer dari kapal kepresidenannya.

"Angkatan Laut tidak hanya berurusan dengan tugas-tugas tradisional, tapi juga merespons tantangan-tantangan baru dengan baik, memberikan kontribusi signifikan terhadap perang melawan terorisme dan pembajakan," katanya sebagaimana dikutip kantir berita AFP.

Sebelumnya Putin juga menyokong penyelenggaraan parade kemenangan Perang Dunia II di Moskow.

Parade angkatan laut lebih kecil juga berlangsung dari daerah kantung Rusia di Eropa, Kaliningrad, di Laut Baltik hingga ke wilayah Laut Hitam Semenanjung Krimea dan Vladivostok di timur jauh.

Untuk pertama kalinya Moskow juga mempertontonkan perangkat keras angkatan lautnya di pangkalannya di Surih, Tartus, di Mediterania timur, tempat kapal-kapal Rusia berperan penting dalam mendukung operasi pengeboman guna mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Saluran berita Rusia, Interfax, mewartakan bahwa enam kapal, termasuk generasi terkini kapal selam diesel "Krasnodar", ambil bagian dalam parade itu.

Moskow dan Damaskus pada Januari menandatangani kesepakatan 49 tahun bagi Rusia untuk mengembangkan dan memodernisasi fasilitas di Tartus, makin memperkuat pengaruh Kremlin di kawasan itu setelah intervensi militer yang mengubah permainan.(mr)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017