Batam (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menyiapkan juadah khusus untuk seluruh jamaah hajinya sebagai bekal makanan tambahan selama berada di Tanah Suci.

"Dari provinsi menyiapkan bilis kacang, itu dari Gubernur, sebagai bekal khusus jamaah Kepri," kata Ketua Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Hang Nadim Batam Marwin Jamal, Senin.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menyiapkan 1.295 kotak juadah berisi lauk. Panitia membagikan bekal makanan itu kepada jamaah haji saat tiba di Asrama Haji Batam, setelah jamaah menyelesaikan pengurusan dokumen dan pemeriksaan kesehatan.

"Selain kacang bilis itu, tidak ada oleh-oleh lain yang diberikan," kata Marwin, yang juga Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepri.

Musim haji tahun ini, Embarkasi Batam memberangkatkan 11.940 calon haji, 1.286 di antaranya berasal dari Kepulauan Riau yang masuk dalam kelompok terbang 1, 19 dan 27.

Saat melepas jamaah haji Kloter 1 yang berangkat Minggu (30/7) malam, Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun mengingatkan jamaah agar fokus memaksimalkan ibadah selama di Tanah Suci.

"Selama pelaksanaan ibadah haji akan sangat menguras tenaga, jadi saya minta untuk menjaga kesehatan. Kepada petugas kloter dan jamaah saya minta untuk tetap kompak dan menjaga ukhuwah Islamiyah. Tidak ada lagi pengelompokan berdasarkan daerah asal," kata Nurdin.

"Perjalanan ini harus diniatkan untuk beribadah, perlu kesabaran dan keikhlasan tingkat tinggi dalam pelaksanaannya. Saya minta yang muda membantu yang tua," katanya.



Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017