Banda Aceh (ANTARA News) - Lima orang dilaporkan meninggal dunia dalam kecelakaan maut minibus dengan mobil bak terbuka mengangkut minyak mentah di Kota Langsa, Provinsi Aceh.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Goenawan di Banda Aceh, Senin, mengatakan, selain lima meninggal dunia, dua korban mengalami luka berat dan tiga lainnya luka ringan.

"Korban meninggal dunia setelah mobil mereka tumpangi minibus L300 bertabrakan dengan mobil bak terbuka yang mengangkut minyak mentah," kata Kombes Pol Goenawan.

Kecelakaan maut terjadi di KM 427-426 Medan-Banda Aceh, tepatnya di Alur Dua Bakaran Bate, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, Senin (31/7) sekira pukul 06.20 WIB.

Korban meninggal dunia terdiri dari tiga penumpang minibus Mitsubishi L300 dengan nomor polisi BL 1663 AN yakni Mar Juliani (47), warga Banda Aceh, Fauzi Saputra (19), warga Aceh Tenggara, dan T Hadi Arianto (45), warga Kota Langsa.

Dua korban meninggal lainnya adalah pengemudi dan penumpang mobil bak terbuka Daihatsu Grandmax dengan nomor polisi BL 8450 F, yakni Sabarmin Amin Manurung (32), warga Aceh Barat Daya, dan Rahmadi (52), warga Kota Langsa.

Sedangkan luka berat yakni Munir, 34 tahun, warga Aceh Tenggara, dan M Fadil,26 tahun, warga Kota Lhokseumawe.

Serta luka ringan atas nama Syarifuddin, 33 tahun, warga Aceh Besar, Kariandi, 32 tahun, warga Aceh Tenggara, dan Ali Hasyimi, 40 tahun, warga Aceh Tenggara.

"Korban luka berat dan ringan merupakan penumpang minibus L300. Para korban luka sudah dievakuasi ke rumah sakit di Kota Langsa," ungkap Kombes Pol Goenawan.

Kombes Pol Goenawan menyebutkan kronologi kecelakaan berawal ketika minibus L300 dari arah Medan melaju dengan tinggi. Dari arah berlawanan, melaju juga Daihatsu Grandmax dengan kecepatan tinggi.

Sesampai di tempat kejadian perkara yang jalannya lurus, minibus L300 hendak mendahului kendaraan di depannya. Namun, sopir minibus L300 tidak mampu mengendalikan kendaraannya.

Akibatnya, kata Kombes Pol Goenawan, minibus L300 BL 1663 AN tujuan Kutacane, Aceh Tenggara- Banda Aceh tersebut menabrak bagian depan Grandmak BL 8450 F.

Setelah terjadi tabrakan, sebut dia, mobil bak terbuka Grandmax diduga mengalami arus pendek dan terbakar serta menyambar minyak mentah yang diangkutnya.

"Kecelakaan maut tersebut sudah ditangani Polres Langsa. Para korban dievakuasi ke rumah sakit di Kota Langsa. Petugas juga sudang menghubungi keluarga korban," kata Kombes Pol Goenawan.

Pewarta: M Haris SA
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017