Selasa, 26 September 2017

UI perguruan tinggi terbaik nasional versi Webometrics

| 3.973 Views
UI perguruan tinggi terbaik nasional versi Webometrics
Universitas Indonesia (UI) (en.wikipedia.org)
Depok (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) kembali menduduki peringkat pertama perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics Ranking of World Universities 2017.

Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, dalam keterangan tertulisnya pada Senin mengatakan UI tengah menggiatkan kegiatan belajar mengajar serta penelitian yang ditunjang oleh Information Communication Technology (ICT).

"Salah satunya dengan pengembangan website untuk unduh jurnal dan peningkatan publikasi ilmiah nasional maupun internasional dari para sivitas akademika UI guna menyediakan akses transfer pengetahuan serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas secara meluas," katanya.

Hal tersebut, katanya, tidak hanya diperuntukkan bagi sivitas akademika UI saja melainkan bagi bangsa Indonesia maupun masyarakat Global. Pencapaian UI ini bukan hanya milik UI semata melainkan juga keberhasilan Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia yang telah bersama-sama memaksimalkan kegunaan website institusinya dalam menyongsong era pendidikan berbasis ICT.

Selain UI, beberapa perguruan tinggi Indonesia yang masuk ke dalam lima terbaik di Indonesia versi Webometrics 2017 yaitu Universitas Gadjah Mada (peringkat 2 di Indonesia ; peringkat 1.004 di dunia), Institut Teknologi Bandung (peringkat 3 ; peringkat 1.209), Institut Pertanian Bogor (peringkat 4 ; peringkat 1.342) dan Universitas Brawijaya (peringkat 5 ; peringkat 1.870).

Webometrics juga merilis bahwa UI meraih peringkat ke-14 di Asia Tenggara dan peringkat 955 di dunia. UI dinilai terbaik di dalam membuka akses publikasi ilmiah sehingga dapat dijangkau oleh masyarakat dunia melalui jaringan Internet.

Perolehan ini didasarkan atas keberhasilan UI dalam memenuhi penilaian Webometrics yang terdiri atas empat indikator yaitu Presence merupakan jumlah halaman website yang terekam pada search engine (Google), Visibility merupakan jumlah eksternal link unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web perguruan tinggi (inlinks) yang terekam search engine dan lainnya.

Webometrics merupakan sistem perangkingan Perguruan Tinggi se-dunia berbasis website. Webometrics meyakini bahwa kehadiran dan visibilitas web dapat dijadikan indikator kinerja global sebuah universitas.

Indikator ini mempertimbangkan komitmen pengajaran, hasil penelitian, prestise internasional hingga hubungan dengan masyarakat, termasuk sektor industri dan ekonomi, universitas. Pemeringkatan dilakukan oleh Cybermetric lab Spanyol dengan menilai lebih dari 19.000 lembaga perguruan tinggi di dunia.

Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi Web, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga