Gresik, Jawa Timur (ANTARA News) - Indonesia takluk 0-3 (17-25, 24-26, 25-23) kepada Jepang dalam semifinal Kejuaraan Senior Voli Asia ke-19 di GOR Tridharma Petrokimia Gresik, Jawa Timur, Senin.

"Kami akui teknik dasar mereka bagus, kerja sama tim juga bagus, walau pada set kedua Tim Voli Indonesia mampu mengimbangi," kata Pelatih Tim Voli Indonesia, Samsul Jais, usai laga.

Samsul mengatakan, kelemahan yang sering terjadi pada tim Indonesia adalah penerimaan bola pertama lawan dan servis, sehingga perlu dievaluasi menjelang SEA Games Malaysia.

"Beberapa pemain mampu mengatasi masalah dasar tersebut, seperti pada set kedua dan sempat unggul empat angka, namun tertinggal karena mental lawan lebih baik," kata Samsul.

Pada set ketiga, Nurmulki Rivan yang menjadi pencetak angka terbanyak dari Indonesia pada pertandingan malam ini sempat tampil gemilang dengan beberapa smasnya yang langsung masuk ke jantung pertahanan Jepang. Namun Indonesia harus menyerah 25-23.

Kekalahan ini membuat tim asuhan Samsul Jais hanya berpeluang merebut posisi tiga besar, dan lawan yang akan dihadapi adalah Korea Selatan yang sebelumnya dikalahkan Kazakstan 2-3 (20-25, 15-25, 25-17, 25-23, 14-16).

Besok Selasa, selain perebutan juara tiga antara Korea Selatan melawan Indonesia, juga akan digelar pertandingan final antara Jepang melawan Kazakstan.

Pewarta: A. Malik Ibrahim
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017