Minggu, 24 September 2017

Kejagung:Jaksa ditangkap KPK itu oknum

| 2.498 Views
Kejagung:Jaksa ditangkap KPK itu oknum
Kasus Penggelapan Dana Desa. Satpam melintas di depan ruang Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Pamekasan yang disegel KPK, Pamekasan, Jawa Timur, Rabu (02/08/2017). KPK melakukan penangkapan terhadap Kajari Pamekasan, Kepala Inspektorat Pamekasan bersama dua orang stafnya serta Kepala Desa Dasok, Pademawu dan Kades Mapper, Tlanakan terkait penggelapan dan penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) 2015-2016. (ANTARA FOTO/Saiful Bahri
Jakarta (ANTARA News) - Kejaksaan Agung menyatakan jaksa yang ditangkap dalam Operasi Tangkap Tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Pamekasan, Jawa Timur, merupakan oknum, bukan kesalahan sistem yang ada di kejaksaan.

"Menurut kami bukan lagi yang salah sistemnya, kini memang kepada oknumnya memang oknum-oknum yang seperti ini ya sudah risikonya. Fungsi kontrol kita selama ini saya pikir sudah baik karena semua aturan-aturan mengenai SOP pelaksanaan tugas itu sudah kita sudah ada," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, M Rum di Jakarta, Kamis.

Ia menyebutkan sebenarnya fungsi kontrol sudah baik, sudah kredibel, karena sudah ada aturan SOP menangani perkara sudah ada etika profesi bagi jaksa.

"Memang berulang kali kita sudah ingatkan, sudah ada sistem pengawasan sudah ada kasus tentunya sesuai aturan yaitu PP 53 Tahun 2010 pelanggaran disiplin," ucapnya.

Jadi, kata dia, bukan lagi yang salah sistemnya kini memang kepada oknumnya memang oknum-oknum yang seperti ini ya sudah risikonya.

Ia juga membantah kejaksaan kecolongan, karena kejaksaan sendiri sedang bersih-bersih terhadap oknum kejaksaan.

"Kita melakukan pembersihan agar kejaksaan ke depannya jadi lebih baik lagi," ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap menghormati proses hukum yang dilakukan oleh KPK.

KPK sudah menetapkan lima tersangka di antaranya, Bupati Pamekasan Achmad Syafii dan Kepala Kejaksaan Negeri Pamekasan Rudy Indra Prasetya sebagai tersangka dugaan korupsi suap terkait penanganan kasus penyalahgunaan dana desa Dassok ditangani Kejari Pamekasan.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga