Roma (ANTARA News) - Gelombang panas yang menyebabkan suhu di Italia mencapai rekor tertinggi memicu kebakaran hutan pada Kamis (3/8) yang merenggut nyawa seorang perempuan tua dan memaksa penutupan jalan raya utama.

Perempuan berusia 79 tahun itu ditemukan tewas di sebuah halaman dekat rumahnya di Sant’Omero di wilayah tengah Abruzzo, tampaknya terkena dampak kebakaran yang menelan dua hektare lahan pertanian di sekitarnya.

Bagian jalan tol pesisir Via Aurelia yang membentang ke utara dari Roma menuju Riviera harus ditutup selama beberapa jam karena kebakaran besar di dekat Grosetto di Tuscany.

Dengan suhu tertinggu yang melampaui 40 derajat Celsius di sebagian besar wilayah negara itu, Kementerian Kesehatan menetapkan status siaga panas maksimum di 20 perkotaan utama secara total.

Penerimaan pasien di unit darurat rumah sakit sudah melonjak 15 persen dalam beberapa hari terakhir.

Kelembapan tinggi di bagian utara dan angin panas dari Afrika di bagian selatan membuat suhu terasa lebih panas bagi warga Italia.

Gelombang panas datang setelah kekeringan panjang yang diperkirakan akan membebani sektor pertanian yang besar di Italia sampai miliaran, dengan 11 wilayah menghadapi kelangkaan air, demikian dilansir AFP.  (kn)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017