London (ANTARA News) - Duta Besar Indonesia untuk Rumania, Wening Esthyprobo, membuka pameran seni Art Kalamakara ke-4, di Budapest, Hungaria, Kamis. Pameran itu menghadirkan seni lukis, seni fotografi dan lukis batik dari tiga seniman berbakat Hongaria, Balogh Laszlo, Bardos Yvette, dan Ur Eleonora.

Ketiganya merupakan indonesianis yang sangat mencintai Indonesia. Sebelum Budapest, karya-karya mereka dipamerkan di Debrecen, Miskolc, dan Szentendre.

Pameran Art Kalamakara, karya mantan darmasiswa dan pecinta Indonesia di Hungaria itu, berlangsung sebulan, dengan tambahan kegiatan pergelaran pertunjukan gamelan, tarian, serta santapan khas Indonesia.

Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya Kedutaan Besar Indonesia di Budapest, menyatakan komentar Esthyprobo soal pameran itu. "Ini adalah kali keempat pelaksanaan Art Kalamakara dari lima pameran yang dicanangkan dilaksanakan tahun ini yang menyebar di seluruh kota-kota utama Hongaria," kata dia. 

Kalamakara salah satu bentuk sinergi dan kerja sama Kedutaan Besar Indonesia di Budapest bersama seniman Hongaria, yang menurut dia cukup efektif mendatangkan pengunjung dan meningkatkan minat warga sekitar akan Indonesia. 

Penggunaan seniman setempat dalam promosi berhasil menarik lebih banyak pengunjung setempat karena selain mengerti kunci promosi lokal, seniman Hungaria yang merupakan indonesianis itu juga sangat aktif mempromosikan Indonesia di dalam lingkungannya.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017