Jakarta (ANTARA News) - Aktor Jepang Kenji Ohba sudah menghiasi banyak serial televisi dan film di Negeri Sakura, tapi perannya dalam serial tokusatsu "Space Sheriff Gavan" alias Gaban yang bisa membawanya pergi ke Indonesia.

(Baca: Popcon Asia 2017 menghadirkan aktor "Gavan" Kenji Ohba)

"Saya senang ke Indonesia karena sambutannya hangat, makanan enak dan antusiasme fans menyenangkan," kata Kenji saat diwawancara pada Popcon Asia 2017 di Jakarta Convention Center, Sabtu.

Ini adalah kali keenam dia menginjakkan kaki ke Indonesia.

"Space Sheriff Gavan" adalah salah satu serial televisi Negeri Sakura yang masuk Indonesia dan populer pada era 80-90-an. Jauh sebelum membintangi "Gavan" pada 1982, Kenji sudah wara wiri di layar lebar sejak 1965. 

"Tapi lewat Gavan saya pergi ke luar negeri, termasuk kali pertama ke Indonesia," kata aktor berusia 62 tahun ini.

Dalam Popcon Asia 2017, ada kompetisi "Jouchaku Challenge", yakni lomba memeragakan gaya berubah Gaban yang bisa diikuti para pencinta tokusatsu.

"Sekarang di Jepang antusiasme orang yang berpose ala Gavan sudah berkurang, tapi di Indonesia masih antusiastis," katanya, menambahkan dia ingin melestarikan serial ini melalui generasi kedua yang diperankan Yuma Ishigaki. 

Serial “Space Sheriff Gavan” adalah pencetus istilah "segede gaban" untuk menyebut benda berukuran besar pada era 90-an. Ada yang mengatakan bahwa istilah itu ada karena ada patung Gavan berukuran besar di taman bermain Jakarta pada era itu.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017