Jumat, 20 Oktober 2017

Kabel bawah laut proyek broadband Palapa Ring Barat digelar

| 4.133 Views
Kabel bawah laut proyek broadband Palapa Ring Barat digelar
Menkominfo Rudiantara (tengah) saat meresmikan penggelaran kabel optik bawah laut proyek Palapa Ring di perairan Batam, Kepulauan Riau, Minggu (6/8/2017). (ANTARA News/Kemenkominfo)
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Komuniksi dan Informatika Rudiantara dari atas Kapal "Limin Venture" di perairan Batam, Kepulauan Riau, pada Minggu meresmikan mulai digelarnya kabel optik bawah laut proyek Palapa Ring Barat.

"Dari pembangunan Palapa Ring Barat ada sisi darat dan sisi lautnya, saya diberitahu kalau sisi darat sepenuhnya telah selesai. Sekarang betul-betul kabel optiknya yang digelar di sisi laut, kabel optik di tarik digelar di bawah laut sampai ke landing stasiun tujuan," katanya saat memberikan sambutan di atas kapal "Limin Venture", seperti disebut dalam siaran pers Kementerian Kominfo, Minggu.

Ia mengatakan, terdapat kabel bawah laut yang ditanam untuk menghindari kerusakan dari aktivitas kapal-kapal bersandar dan ada yang menggantung. Untuk itu dibutuhkan koordinasi dengan instansi terkait yaitu Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Pekerjaan penggelaran kabel optik bawah proyek Palapa Ring Paket Barat dibagi dalam dua batch. Untuk batch 1 kali ini, total panjang kabel yang digelar kurang lebih 1.242 km meliputi segmen Tanjung Bembam Batam-Tarempa (sepanjang 369 km), Tarempa-Ranai (322 km), Ranai-Singkawang (352 km) dan segmen Sekanah Daik Lingga-UQJ Bintan Tanjung Bembam (199 km).

Selanjutnya pada batch 2 akan dikerjakan segmen Batam-Karimun-Tebing Tinggi-Bengkalis-Siak serta segmen Daik Lingga-KualaTungkal akan dilanjutkan pada batch 2.

Setelah setahun lalu, Juli 2016, pembiayaan untuk Palapa Ring Barat didapatkan, PT Palapa Ring Barat sebagai Badan Usaha Pelaksana memiliki waktu 18 bulan untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan pembangunan dan siap beroperasi.

"Untuk Palapa Ring Barat secara kontrak seharusnya selesai pada bulan Februari 2018, tadi saya bicara dengan Pelaksana Palapa Ring Barat yang akan didorong untuk selesai di akhir 2017, Insya Allah bisa," kata Menkominfo.

Sementara itu, dalam penggelaran kabel di batch 1 dilakukan dengan kapal "Limin Venture" yang berbendera Indonesia berjenis vessel. Walaupun mempunyai kapasitas penyimpanan kabel sepanjang 1.500 km, namun kapal yang memiliki 3 tangki penyimpanan kabel tersebut hanya bisa menggelar kabel dengan batas kedalaman minimum 20 meter saja.

Seluruh penggelaran kabel serat optik laut batch 1 ditargetkan akan selesai pada akhir Desember 2017 mendatang. Sedangkan penggelaran kabel serat optik laut batch 2 rencananya akan segera dilaksanakan pada awal September dan ditargetkan rampung pada akhir Desember tahun ini.

Proyek Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi melalui pembangunan serat optik sepanjang 36.000 km di seluruh Indonesia yang dibagi menjadi Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah, dan Palapa Ring Timur.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga