Jakarta (ANTARA News) - Cabang olahraga bulu tangkis nomor tunggal putra memfokuskan pada penguatan mental para pemainnya menjelang pesta olahraga multi cabang negara-negara Asia Tenggara (SEA Games) 2017.

"Dalam dua pekan menjelang SEA Games 2017 ini kami menekankan untuk memperkuat mentalnya, cara berpikirnya, menganalisis, evaluasi dan menyimpulkan bagaimana bisa main maksimal," kata pelatih Tunggal Putra Pelatnas PBSI, Hendry Saputra, di Jakarta, Senin.

Hal itu diungkapkan Hendry terkait dengan hasil minor sejak putaran-putaran awal dari anak asuhnya yang dipersiapkan untuk SEA Games dalam kejuaraan Selandia Baru Terbuka pada 1-6 Juli 2017 lalu yang diwakili Jonatan Christie dan Firman Abdul Kholik.

Menurut Hendry, saat turnamen di Negeri Kiwi tersebut, mental dan pikiran para anak asuhnya tidak dalam kondisi sempurna sehingga berpengaruh pada cara mainnya, hingga kepercayaan dirinya hilang saat di lapangan.

"Akibatnya feeling, teknik dan strategi itu yang diarahkan tidak pas ketika di lapangan, namun semua pemain dunia pernah mengalaminya. Karenanya dalam dua minggu ini akan menjadi bahan evaluasi kita untuk mengasah mental dan membentuk kepercayaan diri mereka," ucap Hendry.

Hendry menyebut dirinya optimistis tunggal putra Indonesia yang di SEA Games akan diwakili oleh Jonatan Christie, Ikshan Maulana Mustofa, Firman Abdul Kholik dan Panji Ahmad Maulana akan bisa berbuat banyak di ajang yang akan digelar di Kuala Lumpur tersebut, terutama di kategori beregu putra.

"Bagi saya semuanya adalah unggulan dan bisa menentukan untuk memberikan poin dan siapapun yang diturunkan akan bisa bertanggung jawab untuk mempertahankan emas yang Indonesia dapatkan di Singapura pada 2015 lalu," ujar Hendry tanpa menjelaskan target di kategori perorangan.

Hendry menambahkan di SEA Games nanti, lawan-lawan yang akan dihadapi Indonesia hampir semuanya berat.

"Tapi kalau dilihat materinya, seharusnya kita masih bisa mengatasi, tapi tergantung performa masing-masing," tuturnya menambahkan.

Sementara itu, pihak PBSI dan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) sendiri menargetkan Indonesia bisa merebut tiga medali emas di SEA Games 2017 Malaysia.

"Kami ditargetkan untuk meraih tiga medali emas. Nomor-nomor andalannya adalah beregu putra, ganda putra, dan tunggal putra. Mudah-mudahan kami juga bisa dapat medali emas dari ganda putri," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Susi Susanti, beberapa waktu lalu. 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017