Hollywood (ANTARA News) - Netflix Inc. telah membeli Millarworld dan membawa penulis komik Mark Millar serta sejumlah karakternya untuk acara televisi dan film, Senin (7/8) waktu setempat.

Ini merupakan pertama kalinya bagi Netfilx, pelopor layanan streaming video untuk film dan serial, melakukan akuisisi pertamanya untuk membuat serial dan film asli Netflix demi menarik pelanggan baru dari seluruh dunia.

Sayangnya, dua komik terlaris Millarworld yakni "Kick-Ass" dan Kingsman", bukan bagian dari kesepakatan dengan Netflix.

Pembelian karakter yang dilakukan Netflix meniru strategi Walt Disney Co. Disney membeli Marvel Studios pada 2009 dan telah membuat film blockbuster, serial televisi dan figur mainan pahlawan super Marvel. Beberapa acara Marvel juga sempat ditayangkan di Netflix.

Penulis Skotlandia dan mantan karyawan Marvel, Mark Milliar, telah menjalankan Milliarword bersama istrinya, Lucy.

Tiga karya dari Milliarworld seperti "Kick-Ass" dan "Kingsman"telah diadaptasi ke film dan menghasilkan hampir 913 juta dolar AS yang digabungkan di box offices global.

Meski "Kick-Ass" dan "Kingsman" bukan bagian dari kesepakatan, Netflix akan menghadirkan frachise Milliardworld lainnya lintas genre dari fiksi ilmiah hingga fantasi, dan ditambah pahlawan super dan karakter dunia nyata.

"Mark telah mendekati Stan Lee modern," ujar kepala pejabat konten, Ted Sarandos dalam pernyataannya, menrujuk pada pencita buku komik berusia 94 tahun yang populer berkat karya "Spiderman", "Avengers", dan "X-men."

Milliar menghabiskan delapan tahun waktunya bekerja untuk Marvel, dimana dia mengembangkan buku komik dan alur cerita yang diangkat ke layar lebar seperi "Logan" dan "Captain America:Civil War."

Masih belum diketahui apakah Netflix akan menghabiskan dana sebesar Marvel lakukan pada filmnya, yang dapat mencapai 250 juta dolar AS.

Perkembangan Netflix telah berfokus pada serial televisi dan film dengan anggaran dana yang kecil, namun kini Netflix telah menuju untuk pembuatan film dengan anggaran besar.

Akuisisi Milliarworld kemungkinan besar bersifat tidak secara material bagi Netflix, menurut analis Raymond James Justin Patterson via e-mail. Dia mengatakan pemeilitiannya menunjukkan adaptasi buku komik dapat menarik penonton dalam jumlah besar pada layanan streaming.

Netflix bulan lalu melaporkan pendapatan kuartal kedua sebesar 2,79 miliar dolar AS dan laba bersih sebesar 65,6 juta dolar AS.

Menurut perusahaan layanan streaming tersebut, Milliarworld akan terus menciptakan dan menerbitkan cerita baru di bawah label Netflix.

Selain mengakuisisi penerbit komik, Netflix juga telah mengembangkan sayap bisnisnya dengan menjual pakaian dan produk lainnya yang berhubungan dengan serial televisi "Stranger Things", demikian Reuters.

(KR-DVI)

(Baca: Netflix tambah anime Jepang Rilakkuma dan Saint Seiya)

Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017