Sabtu, 19 Agustus 2017

Zulkifli Hasan: penerapan demokrasi Pancasila hargai nilai kemanusiaan

| 2.966 Views
Zulkifli Hasan: penerapan demokrasi Pancasila hargai nilai kemanusiaan
Ketua MPR Zulkifli Hasan. (ANTARA /Puspa Perwitasari)
Jakarta (ANTARA News) - Penerapan demokrasi Pancasila mendorong penghormatan terhadap nilai-nilai kemanusiaan karena bukan sekadar kebebasan melainkan juga saling menghargai.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Selasa, mengatakan nilai-nilai demokrasi yang diterapkan di Indonesia mengutamakan kemanusiaan dan musyawarah.

"Demokrasi bagi bangsa Indonesia bukan hanya tentang kebebasan. Lebih jauh dari itu Demokrasi Pancasila adalah implementasi penghargaan terhadap kemanusiaan," kata Zulkifli saat menyampaikan pidato kebangsaan di depan Pengurus Persatuan Tarbiyah Islamiyah Aceh di Kabupaten Aceh Besar, Selasa.

Dengan pemahaman itu, kata Zulkifli, maka semua elemen bangsa, baik pemerintah maupun masyarakat harus mengutamakan musyawarah untuk mencapai tujuan bersama.

Ia mencontohkan dalam membangun daerahnya, kepala daerah hendaknya mendengarkan keluhan masyarakat dan memberikan jalan keluar terhadap semua permasalahan secara adil.

Demokrasi Pancasila, kata Ketua MPR RI, juga mengamanatkan negara harus hadir bila ada masalah di masyarakat.

Bila nilai Pancasila berupa penghargaan kemanusiaan itu hidup di tengah masyarakat maka akan timbul sikap saling percaya.

"Kemajuan dicapai ketika timbul saling percaya. Rakyat percaya pemerintahnya dan pemerintah pun tidak curiga pada rakyatnya," kata Zulkifli.

(Baca: Ketua MPR: umat Islam agar bersatu)

Editor: Unggul Tri Ratomo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga